Adakan Webinar Series, Gema Budaya Bahas Pemikiran Kritis Bersama Ignatius Haryanto

Adakan Webinar Series, Gema Budaya Bahas Pemikiran Kritis Bersama Ignatius Haryanto

- in Kabar Kampus
0
0

Teropongonline, Medan-Digelar secara virtual, Webinar Series Gema Budaya mengusung tema “Pemikiran Kritis Pers Mahasiswa di Lingkungan Kampus”. Sabtu, (05/03/2022).

Acara ini dihadiri oleh Ignatius Haryanto, Dosen Jurnalistik Universitas Multimedia Nusantara selaku pemateri dan para peserta dari berbagai instansi.

Dalam materinya, Ignatius Haryanto mengatakan bahwa critical thinking sangat di butuhkan, karena saat ini banyak berita-berita yang tidak benar tersebar disemua kalangan.

“Critical thinking ini sangat kita butuhkan agar kita bisa memegang informasi yang dapat di percaya,” ujarnya.

Haryanto juga mengatakan kemampuan kognitif dan disposisi intelektual juga dibutuhkan.

“Kemampuan kognitif dan disposisi intelektual dibutuhkan untuk mengidentifikasi masalah secara efektif, analisa dan mengevaluasi argument serta klaim kebenaran untuk mengatasi konsepsi pribadi, dan alasan yang meyakini untuk mendukung kesimpulan dalam membuat keputusan yang tepat terhadap apa yang hendak diyakini dan apa yang harus di lakukan,” tambahnya.

Selanjutnya, Haryanto mengatakan standard untuk berpikir kritis.

“Standard untuk berpikir kritis adalah dengan kejernihan, ketepatan, keakuratan, relevansi, ketepatan secara logika, kelengkapan, dan kejujuran,” lanjut Haryanto.

Sella Mutiara, Ketua Umum, menyampaikan bahwa seseorang berpikir kritis akan lebih mudah menginteraksi sikap.

“Dengan berpikir kritis seseorang akan lebih mudah dalam menginteraksi sikapnya dan mengetahui apa yang harus di percayai nya dan melihat adanya kebutuhan tersebut,” ucapnya.

Harapan pemimpin umum Gema Budaya dalam webinar ini agar kita semua dapat menjadi orang yang dapat berpikir secara kritis.

“Setelah berlangsungnya webinar ini, saya harap kita semua dapat berpikir secara kritis dan juga apa yang telah disampaikan oleh pemateri dapat bermanfaat bagi kita semua,” harapnya.

Tr : Rita Anisah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali