Shohibul Anshor Tanggapi Invasi Rusia Terhadap Ukraina

Shohibul Anshor Tanggapi Invasi Rusia Terhadap Ukraina

- in Terkini
0
0

Teropongonline, Medan- Pengamat Sosial dan Politik sekaligus Akademisi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Drs. Shohibul Anshor Siregar, M.Si menanggapi terkait invasi yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina.

Diketahui Rusia telah melakukan serangan militer terhadap Ukraina pada Kamis, (24/02/2022). Shohibul Anshor memberikan pandangannya terhadap hal tersebut.

“Kesulitannya, Rusia adalah Anggota Tetap Dewan Keamanan PBB dan posisi itu akan dapat sangat potensil merugikan kepentingan damai bagi Ukraina seberapa parahpun norma internasional disepelekan,” ujarnya saat diwawancarai Kru Teropong.

Ia pun memberikan contoh kasus-kasus yang berhubungan dengan pelanggaran norma internasional. “Banyak contoh sikap mendua dunia dalam kasus yang menyangkut pelanggaran norma internasional. misalnya sebagaimana terjadi selama ini dalam praktik Xi Jinpin atas warga di Xinjiang (China), genosida atas warga muslim Rohingya, diksriminasi rasial atas warga muslim di India, dan lain-lain,” tuturnya.

Shohibul pun mengatakan hingga saat ini tidak ada tanda perperangan antar negara akan hilang. “Sebetulnya tidak ada tanda-tanda penurunan perlombaan pembuatan senjata pemusnah terhitung sejak perang dunia II, era perang dingin, dan juga hingga saat ini. Banyak negara malah membelanjakan uang yang banyak untuk mensiasati keamanan dari gangguan negara lain, padahal rakyatnya miskin. Termasuk Indonesia,” kata Shohibul.

Tr : @iiqbalmhd_

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali