Alasan Kamu Harus Menabung

Alasan Kamu Harus Menabung

- in Artikel
0
0

Teropongonline, Medan-Menabung adalah salah satu cara dalam pengelolaan keuangan yang bertujuan untuk menyiapkan dana cadangan di masa depan. Tabungan juga berperan untuk menjamin kestabilan keuangan Anda jika mengalami hal yang tidak diinginkan kemudian hari.

Alasan kamu harus menabung adalah:

  1. Untuk Persiapan Dana Hari Tua
    Semakin usia bertambah akan ada saat di mana seseorang memasuki masa pensiun. Masa pensiun ini berarti sudah tidak dalam masa produktif bekerja sehingga kemungkinan pendapatan bulananmu ketika bekerja di usia produktif akan terhenti. Untuk itu, persiapan menabung sejak awal menjadi sangat penting. Mungkin setelah masa pensiun kamu akan memperoleh pesangon, namun tentu saja uang pesangon juga akan habis. Apabila kamu menabung sejak dini, dana yang terkumpul bisa menjadi tambahan yang dapat kamu gunakan untuk modal usaha agar memperoleh penghasilan lagi.
  2. Sebagai Dana Darurat
    Kondisi darurat yang memerlukan dana tunai merupakan hal yang tidak bisa kita prediksi kapan datangnya, namun hal ini bisa kita antisipasi dengan menabung. Dengan menyisihkan sebagian dari pendapatan kita setiap bulan ke pos dana darurat, insyaallah dana ini akan sangat bermanfaat dikemudian hari. Kebutuhan tunai dana darurat misalnya untuk perbaikan rumah bocor, perbaikan kendaraan, dana untuk membantu saudara yang mendadak terkena musibah, dan sebagainya. Pisahkan dana darurat ini ke dalam pos khusus yang tidak tercampur dengan dana transaksi harianmu.
  3. Terbebas dari Hutang
    Salah satu penyebab hutang adalah tidak tersedianya dana tunai yang dibutuhkan. Untuk itu menabung bisa jadi solusinya. Dengan mencadangkan tabungan ke berbagai pos yang berbeda, berarti kamu mempersiapkan berbagai kemungkinan di masa mendatang termasuk agar terbebas dari hutang.
  4. Memiliki Persiapan Biaya untuk Berbagai Rencanamu
    Setiap orang memiliki rencana berbeda terkait pengelolaan keuangannya. Ada yang ingin membeli rumah, kendaraan, atau gadget terbaru. Ada yang berencana menikah, ingin melanjutkan pendidikan, atau keinginan lainnya yang memerlukan dana yang cukup. Dengan menabung, kamu bisa merencanakan berbagai hal tersebut sehingga kamu memiliki target yang nyata untuk direalisasikan.

Tr : Atika Matondang

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali