Menilik Semakin Tingginya Kasus Omicron di Indonesia

Menilik Semakin Tingginya Kasus Omicron di Indonesia

- in Terkini
0
0

Teropongonline, Medan-Data Kementerian Kesehatan mencatat ada 1.162 kasus omicron di Indonesia. Hal ini menunjukkan terjadi lonjakan kasus Covid-19 sejak 15 Desember lalu. Juru bicara (Jubir) Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M. Epid jelaskan paling banyak dari Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN). (dilansir dari kompas.com)

“Dari jumlah kasus tersebut, ada sebanyak 1.019 merupakan PPLN. Non PPLN atau transmisi lokal sebanyak 369 dan belum diketahui (pemeriksaan epidemiologi) 238,”kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes.

Dari jumlah itu, dua pasien diantaranya meninggal dunia. Ini merupakan kasus kematian pertama di Indonesia akibat varian omicron.

Sebelumnya, Nadia menyebutkan pasien Omicron di Indonesia hanya mengeluhkan gejala COVID-19 ringan atau bahkan tanpa gejala.

“Beberapa dari mereka hanya mengeluh batuk dan pilek saja ya. Adapun dua kasus pasien Omicron yang meninggal dunia, diketahui memiliki riwayat penyakit penyerta yakni diabetes yang tidak terkontrol,”ujarnya.

Terakhir Nadia menghimbau masyarakat agar tidak panik menghadapi kasus Omicron ini.

“Berdasarkan status vaksinasi, 71,7% dari jumlah orang yang terpapar Omicron sudah divaksinasi lengkap, jadi mengeluhkan gejala ringan atau tanpa gejala. Dan saya mengimbau masyarakat untuk tidak panik menghadapi varian Omicron,”tuturnya.

Tr : Marizkya Nabilla

Editor : Siti Rifani

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali