Heboh ! NFT Dapat Menghasilkan Kekayaan

Heboh ! NFT Dapat Menghasilkan Kekayaan

- in Artikel
0
0

Teropongonline, Medan-Media sosial saat ini dihebohkan dengan sebuah akun OpenSea bernama Ghozali Everyday. Dimana OpenSea adalah sebuah situs marketplace bagi NFT. Dalam platform ini, berbagai penjual, pembeli, dan kreator aset digital dapat bertransaksi dengan mata uang Kripto Ethereum (ETH).

Dalam situs tersebut Ghozali menjual foto-foto dirinya yang sedang melakukan selfie sejak tahun 2017 sebagai produk NFT.

Lalu sebenarnya, apasih NFT itu? NFT (Non-Fungible Token) itu adalah aset digital yg berisi ciri-ciri unik yg dikodekan dan disimpan di blockchain dalam bentuk kontrak (smart contracts), dan memberikan manfaat buat pemiliknya. Biasa di sebut NFT Collector.
Sebenarnya NFT sudah ada sejak tahun 2014, tetapi NFT baru populer akhir-akhir ini karena semakin banyak orang yang menggunakan NFT dan NFT dianggap sebagai suatu hal yang praktis.

NFT memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah NFT menjamin pembeli untuk memiliki barang yang asli tanpa ada yang bisa menirunya dan NFT menyertakan suatu sertifikat kepemilikan sebagai bukti. Namun, kekurangan dari NFT adalah NFT sulit untuk diperdagangkan.

Lalu, apa saja alasan orang-orang buat beli NFT ini? Alasan pertama, karena adanya garis riwayat kepemilikan. Dalam NFT, adanya rangkaian data digital yang merekam bukti kepemilikan sebuah benda di dunia virtual. Benda ini termasuk karya seni digital, aset keuangan, atau paten.

Kedua, semua transaksi terlacak, Robert Zumkeller, desainer grafis dan praktisi NFT mengatakan, NFT seni memungkinkan seseorang untuk melacak semua transaksi setelah penjualan awal sebuah objek digital. Karena itu, fitur pelacakan juga memungkinkan pemilik awal objek mendapat royalti abadi dari objek digital tersebut.

Ketiga, barang mewah versi digital, NFT juga memasuki pasar barang mewah, musik, dan film. Serge Maillard, redaktur pelaksana majalah jam tangan Europa Star mengatakan, NFT karya foto atau animasi 3D jam mewah dapat digunakan perusahaan jam tangah mewah untuk memelihara hubungan yang lebih dekat dan lebih pribadi dengan klien tanpa perantara.

Keempat, pembuatnya terbatas jadi harganya dapat tinggi, karena jumlah barang digital yang dibuat satu seniman masih terbatas, sementara yang mencarinya kian banyak, maka muncul investor dan spekulasi yang sama-sama membuat harga jual sebuah NFT makin mahal. Dan terakhir, identitas dapat ditelusuri, salah satu masalah yang juga disukai penjahat NFT adalah anonimitas pada teknologi blockchain memungkinkan terjadinya penipuan keuangan.

Kita semua tahu bahwa NFT ini masih baru, apalagi di Indonesia, yang mana artinya investment yang highrisk-highreturn. Jadi, untuk para pemula yang ingin menggunakan NFT, lebih baik pelajari terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia NFT. Pahami semuanya sampai benar-benar mengerti, baru setelah itu, kita bisa tinggal berkarya di dalamnya.

Tr : Andini Rizky

Editor : Annisa Alivia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali