BMKG Medan Prediksi Sumut Diguyur Hujan Selama 3 Hari Ke Depan

BMKG Medan Prediksi Sumut Diguyur Hujan Selama 3 Hari Ke Depan

- in kabar medan
0
0

Teropongonline, Medan-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balai Besar Wilayah I Medan mengeluarkan press rilis mengenai penyebab hujan berkepanjangan yang terjadi di Sumatera bagian utara dan sekitarnya bedasarkan model analisis sinoptik pada 17 Desember 2021 pukul 19.00 WIB.

Melalui press rilis yang ditandatangani Kepala Balai Besar MKG (BBMKG) Wilayah I Medan, Hartanto, S.T disebutkan jika adanya aktivitas Typhoon RAI di wilayah Laut China yang memicu tekanan rendah di Semenanjung Malaysia dan konvergensi di Wilayah pantai Barat Sumatera.

Kondisi tersebut diatas mengakibatkan peningkatan curah hujan di Wilayah Sumatera bagian Utara. BKMG Medan melalui press rilis tersebut juga menyebutkan jika prakiraan berbasis dampak hujan lebat wilayah Sumatera Utara terdapat wilayah siaga yakni Papak Bharat, Serdang Bedagai, Kota Padangsidempuan, Tapanuli Utara, Mandailing Natal, Deli Serdang, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah dan Sibolga.

Disebutkan juga untuk wilayah waspada yaitu, Asahan, Tanjung Balai, Labuhanbatu Utara, Padang, Nias Utara, Kota Gunung Sitoli, Nias Selatan, Simalungun, Kota Medan, Hambahas, Batubara, Labuhanbatu, Langkat, Paluta, Nias, Nias Barat, Kota Tebing Tinggi, Kota Binjai. Dikatakan pula informasi gelombang tinggi 1.25-25 m berpeluang terjadi di wilayah Selat Malaka, tinggi gelombang 2.5 -4.0 m berpeluang terjadi di Perairan Barat P. Simeule hingga kep. Nias.

Bedasarkan analisi tersebut, dikatakan wilayah Sumatera Utara dalam 3 hari kedepan berpotensi terjadi hujan dengan intesitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang dengan durasi lama dan cakupan wilayah yang luas sehingga dapat mengakibatkan terjadi bencana hidrometeoologis (banjir bandang, longsor, angin kencang dan gelombang tinggi).

Tr : Mhd. Iqbal

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan