Menilik Penghasilan Pedagang Musiman Saat Wisuda

Menilik Penghasilan Pedagang Musiman Saat Wisuda

- in Kabar Kampus
0
0

Teropongonline, Medan-Dilakukan secara luring, wisuda periode II Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berdampak kepada masyarakat. Salah satunya prosesi wisuda memberi kesempatan kepada para pedagang musiman untuk mencari penghasilan.

Rezkia Alfa yang merupakan pedagang bunga mengatakan bahwa ia selalu berjualan pada saat wisuda saja. “Saya sudah berjualan sembilan tahun, dan selalu berjualan dimana setiap ada acara wisuda saja,” katanya.

Tambahnya ia mengungkapkan pendapatannya sempat menurun karena terjadinya Covid-19. “Karena Covid-19 ini pendapatan jadi menurun. Biasanya pendapatan saya lumayan, sebelum Covid-19 Rp.3.000.000 lebih. Namun, semenjak Covid-19 cuma Rp.1.000.000,” ujarnya.

Sama halnya dengan Kustini pedagang minuman keliling, mengatakan bahwa ia berjualan selalu berpindah – pindah. “Saya sudah dari dulu berjualan, setiap ada acara-acara dan banyak keramaian, dari acara lomba sampai acara wisuda dan selalu berpindah – pindah jualannya,” katanya.

Selain itu, Leonardo Tampubolon usaha foto wisuda dengan papan bunga, juga mengatakan bahwa usahanya musiman. “Saya buka usaha foto ini musiman, misalnya seperti acara wisuda UMSU ini dan juga ke kampus – kampus yang lain,” katanya.

Tambahnya ia mengungkapkan bahwa usaha ini seperti adu nasib. “Pendapatan yang saya dapat paling tinggi kurang lebih Rp.2.000.000, tapi kalau sedang sedikit hanya Rp.500.000. Untuk masalah tempat usaha jasa foto ini kami sewa dan untuk biaya sewa perharinya itu Rp.700.000,” tuturnya.

Lanjutnya, ia juga menyampaikan bahwa pendapatan yang diterima juga menurun. “Tentunya untuk pendapatan dari sebelum Covid-19 dengan adanya Covid-19 ini sangat jauh sekali. Pasti semua yang punya usaha juga merasakan hal yang sama,” ujarnya.

Tr : Annisa Alivia & Sonya Mayrevi

Editor : Mhd. Iqbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali