Andreas Harsono : Jurnalis dan Informasi Berdampak Pada Mutu Masyarakat

Andreas Harsono : Jurnalis dan Informasi Berdampak Pada Mutu Masyarakat

- in Kabar Kampus
0
0

Teropongonline, Medan-Author, Aktivis sekaligus peneliti Human Rights Watch, Andreas Harsono menghadiri webinar sebagai pembicara yang diadakan pihak LPM Penabudaya Universitas Padjadjaran dalam Acara Puncak Festival Jurnalisa 2021.

Ia mengatakan pentingnya untuk tetap transparan serta sadar akan sumber dalam penyampaian suatu informasi. “Makin bermutu jurnalisme dalam masyarakat, makin bermutu informasi yang diberikan. Maka, semakin bermutu informasi yang dapat diserap masyarakat, akhir kata semakin bermutu pula masyarakat,” tuturnya

Dalam webinar tersebut ia pun menyampaikan betapa pentingnya memberikan informasi dan konten yang diminta berdasarkan fakta. Andreas juga tidak terlalu menganjurkan adanya pemakaian media sosial apabila tidak terlalu diperlukan.

Ditanya mengenai banyaknya berita kontroversi yang saat ini beredar di media-media sosial demi menarik minat pembaca. Namun dia beranggapan bahwa sebuah berita yang dipublikasikan ke media sosial tidak harus melulu berisikan kontroversi demi menarik minat pembaca.

“Kalau anda baca buku The Element of Journalism, mereka mengatakan kalau jurnalisme itu harus proporsional dan komperehensif. Jangan hanya komperehensif tapi harus proporsional, tapi juga jangan hanya proporsional tanpa komprehensif,” ujarnya.

Banyaknya penggunaan media sosial seperti Tiktok, Instagram, Twitter maupun media sosial lainnya dalam penyampaian opini publik menurutnya beresiko besar menimbang adanya jerat hukum yang dapat disebabkan oleh kelalaian sang pengguna media sosial.

“Secara umum apabila anda mau pakai Whatsapp, anda mau pakai Instagram, secara umum anda harus memahami jurnalisme. Anda harus tau, esensi jurnalisme adalah verifikasi,” kata Andreas.

Tr : Choirun Anisah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali