6 Macam Batik Nusantara

6 Macam Batik Nusantara

- in Infografik
0
0

Teropongonline, Medan-Batik adalah kain yang dilukis menggunakan canting dan cairan lilin malam sehingga membentuk lukisan-lukisan bernilai seni tinggi diatas kain mori. Batik berasal dari kata amba dan tik yang merupakan bahasa jawa, yang artinya adalah menulis titik. Kalau jaman dulu disebutnya ambatik.

Batik merupakan kain khas indonesia yang memiliki corak maupun pola yang beragam, dalam corak ragam batik memiliki makna dan filosofi yang akan terus digali dari berbagai adat istiadat maupun budaya yang berkembang di indonesia.

Berikut penjelasan 6 macam batik nusantara :

  1. Batik parang kusumo (solo)
    batik Solo yang terkenal adalah batik Parang Kusumo yang motifnya menyerupai gulungan ombak yang menghantam tebing dan karang tanpa lelah. Motif tersebut memiliki filosofi bahwa hidup selayaknya dilandasi perjuangan dan usaha untuk mencapai kemakmuran lahir batin dengan mengindahkan nilai kebudayaan Jawa.
  2. Batik singa barong (cirebon)
    Filosofi dari batik ini diambil berdasarkan namanya, makhluk mitologi bersifat spiritual. Motif dari batik ini sendiri tidak terlepas dari sosok makhluk mitologi tersebut.
  3. Batik pring sedapur (magetan)
    Batik yang satu ini memiliki motif yang cukup sederhana, tapi tetap terlihat indah dengan perpaduannya yang menarik. Motifnya didominasi dengan bambu dan burung yang menyimbolkan sebuah kerukunan dan ketentraman hidup.
  4. Batik priyangan (tasikmalaya)
    Batik priyangan asal Tasikmalaya merupakan batik yang memiliki corak rapat, rapi, dan berkelas dengan warna cerah yang kalem. Warna cerah pada batik ini melambangkan kesan kesederhanaan, terbuka dan pluralis.
  5. Batik garutan (garut)
    Batik garutan memiliki ciri khas motif bentuk geometris dan flora fauna yang didominasi warna krem dan dipadukan dengan warna-warna cerah.
  6. Batik ulamsari mas (bali)
    Jika batik jagatan pisan diperuntukkan untuk seorang kekasih, beda halnya dengan batik ulamsari yang juga berasal dari Bali. Batik ini memiliki motif ikan dan udang yang mewakili mata pencaharian masyarakat Bali sebagai nelayan. Selain itu, batik ulamsari mas memiliki makna kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat yang hidup di pesisir pantai.

Sumber : 99.co

Tr : Atikah Khairunna

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan