Bersama Redaktur Majalah Tempo, Janang 2021 Bahas Liputan Mendalam

Bersama Redaktur Majalah Tempo, Janang 2021 Bahas Liputan Mendalam

- in Kabar Kampus
0
0

Teropongonline, Medan-Pemateri pertama Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) Janang 2021 LPM Suara Kampus, Abdul Manan membahas teknik liputan mendalam. Sabtu, (27/11/2021).

Dalam penyampaian materinya, pria yang juga merupakan Redaktur Majalah Tempo ini mengatakan jika memilih topik dengan sempit dalam penulisan mendalam sangat penting. Ia pun memberikan beberapa contoh liputan mendalam dengan topik sempit.

“Saya beri contoh, isu pelecehan seksual jika diliput itu sangat luas cakupannya, tulisannya pun nanti bisa melebar kemana – mana, akan tetapi jika kita sempitkan lagi topiknya menjadi, kasus pelecehan seksual di Sumatera Barat atau kota Padang akan lebih sempit dan spesifik. Itu juga yang memudahkan liputan nantinya,” ujar Manan.

Lanjutnya, ia juga menjelaskan cara topik sempit bisa dikembangkan menjadi tulisan panjang dan mendalam. “Yang pertama harus dilakukan adalah mencari narasumber yang benar – benar terkait pada isu tersebut. Bisa satu, dua atau tiga orang. Lalu ditambah lagi dengan latarbelakang isu, sisi lain, data, riset serta dampak dari kasus yang diliput bisa sangat membantu dalam mengembangkan tulisan panjang dan mendalam,” tambahnya.

Abdul Manan pun memberikan solusi jika narasumber utama tidak dapat diwawancarai. “Ada kemungkinan narasumber utama atau narasumber kunci tidak dapat kita wawancarai, solusinya adalah kita bisa melakukan wawancara dengan orang – orang yang ada disekitaran narasumber utama atau yang terkait dengan isu tersebut. Karena tidak mungkin sebuah liputan mendalam tidak melakukan wawancara,” ujarnya.

Ia pun mengatakan jika seorang wartawan harus mudah bergaul kepada siapapun. “Sebagai seorang wartawan kita harus mudah berinteraksi kepada siapapun. Karena dalam menjalankan tugas wartawan nantinya, tidak menutup kemungkinan kita membutuhkan wawa cara dengan orang bawah dan tidak menutup kemungkinan juga akan mewawancarai Perdana Menteri,” ujarnya.

Tr : Mhd. Iqbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan