Mengenal Waste 4 Change Sebagai Sistem Pengelola Sampah Yang Efektif

Mengenal Waste 4 Change Sebagai Sistem Pengelola Sampah Yang Efektif

- in Infografik
0
0

Teropongonline, Medan-Problematika mengenai sampah memang sudah ada sejak dulu. Terkadang dibutuhkan pengelolaan sampah yang efektif dibandingkan hanya menimbunnya saja. Oleh karena itu, ada berbagai gerakan yang muncul untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satunya adalah Waste 4 Change yang berdiri sejak 2014. Perusahaan sosial ini memiliki misi utama yaitu bertanggung jawab dalam pengelolaan sampah.

Inilah Sistem yang ada di Waste 4 Change untuk Mengelola Sampah secara Efektif.

  1. Memiliki Visi dan Prinsip Mendasar dalam Pengelolaan Sampah
    Waste 4 Change memiliki visi mendasar yaitu memimpin proses kelola sampah dengan etika dan tanggung jawab. Jadi, sampah tidak boleh hanya ditimbun saja karena bisa merusak lingkungan. Hal inilah yang menjadi dasar sistem pengelolaan sampahnya baik organik, anorganik, atau residu. Visi ini juga mendasari target pengelolaan sampah yang lebih besar ke depannya.

Untuk prinsipnya sendiri, perusahaan sosial ini ingin mengajak banyak pihak untuk berkolaborasi dalam mengelola sampah dengan pertanggungjawaban. Salah satunya seperti petugas pengangkut sampah yang bisa bekerja sama dengan perusahaan ini untuk bersama-sama mengelola sampah. Hal terpenting adalah pemberdayaan mitra lokal.

  1. Pengembangan Lini Bisnis
    Perusahaan sosial ini mengembangkan empat lini bisnis. Keempat lini tersebut terdiri dari: consult (konsultasi), campaign (kampanye), collection (mengoleksi), dan create (berkreasi). Keempat lini inilah yang mendasari proses pengolahan sampah sehingga bisa berjalan dengan optimal dan efektif. Selain itu, keempat lini ini saling berkesinambungan dengan berbagai pihak lain yang menjadi klien.
  2. Mencakup Berbagai Wilayah
    Dalam pelaksanaannya, perusahaan sosial ini sudah memiliki cakupan beberapa wilayah agar pengolahan sampah bisa berjalan efektif. Untuk sementara, wilayah yang sudah dicakup terdiri dari Depok, Bekasi, Jakarta, dan Tangerang. Selain itu, ada juga cabang di Wilayah Jawa Timur yaitu Sidoarjo agar cakupan operasional untuk pengelolaan sampah bisa lebih luas lagi.
  3. Pengelola Sampah Berjenis Organik
    Perusahaan sosial ini mengelola sampah berjenis organik dengan konsep sederhana. Sampah ini akan dipilah, dilakukan pendataan, terakhir pengolahan. Pada dasarnya, sampah berjenis organik ini akan diolah menjadi kompos dengan tiga cara. Cara pertama menggunakan maggot dan Black Soldier Flies untuk mengolah sampah menjadi protein tinggi dan kompos.

Cara kedua adalah menggunakan Cacing Vermikompos untuk menghasilkan kompos dengan kualitas yang lebih baik. Sedangkan cara ketiga menggunakan open windrow composting yaitu pemanfaatan proses aerasi alamiah di tempat terbuka.

  1. Pengelola Sampah Berjenis Anorganik
    Dalam mengelola sampah berjenis Anorganik, perusahaan sosial ini memberikan layanan penjemputan untuk setiap klien. Klien juga bisa mengirimkan sendiri. Setiap sampah sudah melalui penyortiran sendiri dari klien. Namun, akan ada penyortiran ulang guna mengklasifikasi lagi jenis-jenis sampah. Prinsip pengelolaanya sendiri memakai 3R yaitu reduce, reuse, dan recycle.
  2. Pengelola Sampah yang Tidak Dapat Didaur Ulang
    Untuk mengelola sampah yang tidak dapat didaur ulang, perusahaan sosial ini memiliki cara tersendiri. Jenis sampah ini terdiri dari basah, bangkai, popok bayi, dan sebagainya. Perusahaan akan mengolah 70% sampah sebagai target. Sedangkan 30% sampah dikirimkan ke TPA melalui kerja sama dengan pemerintah.
  3. Berbagai Program untuk mendukung Pengelolaan Sampah
    Waste 4 Change memiliki berbagai program lain untuk mendukung pengelolaan sampah. Salah satunya adalah campaign dan consult yang diurus oleh Divisi Strategic Services. Tujuan utamanya untuk mengampanyekan sekaligus memberi konsultasi betapa pentingnya sampah agar dikelola dengan bertanggung jawab.

Tr : Dwi Rizka Aryanti

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Tersingkir di UCL, Barcelona Resmi Turun Kasta

Teropongonline, Medan-Barcelona dipastikan terdepak dari Liga Champions musim