Fakta Menarik Sirkuit Mandalika yang Mendunia

Fakta Menarik Sirkuit Mandalika yang Mendunia

- in Artikel
0
0

Teropongonline, Medan-Mandalika atau yang bernama lengkap Sirkuit Pertamina Mandalika Internasional Street Circuittelah ini telah diresmikan oleh Presiden Jokowi tepatnya pada Jumat, 12 November 2021. Sirkuit Mandalika ini berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tidak hanya itu saja, peresmian sirkuit dengan standar internasional ini siap dipakai untuk berbagai gelaran besar seperti World Superbike (WSBK) atau MotoGP. Bersamaan dengan resminya sirkuit internasional mandalika, Jokowi juga meresmikan jalan by pass yang digunakan untuk menghubungkan Bandara Internasional Lombok (BIL) dengan Jalan sepanjang 17,3 kilometer. Dan jalan tersebut sudah siap digunakan untuk memangkas waktu tempuh antara bandara dengan KEK Mandalika.

Berikut beberapa fakta menarik mengenai sirkuit internasional mandalika.

  1. Nama Resmi Sirkuit Mandalika yaitu Pertamina Mandalika International Street Circuit, yang penamaan lintasan tersebut dilaksanakan lewat penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Sponsorship dan Peluncuran Nama Resmi Sirkuit Balap Internasional Mandalika pada Kamis, 07 Oktober 2021 di Jakarta.
  2. Digunakan Untuk Ajang Balap Internasional
    Berdasarkan situs resmi WSBK, Sirkuit Pertamina Mandalika ini dirancang sepanjang 4,3 kilometer atau 4,300 meter. Dengan jumlah tikungan yang berada di Pertamina Mandalika International Street Circuit ini sebanyak 17. Ada 6 mengarah ke kiri dan 11 lainnya mengarah ke kanan.
  3. Konsep Berbeda
    Pertamina Mandalika International Street Circuit adalah sebuah sirkuit jalan raya yang mengusung konsep berbeda. Menurut Dyan Dilato, Head of Operations – Sporting Mandalika Grand Prix Association menerangkan bahwa inner dan juga outer road dari sirkuit ini dapat diakses oleh publik untuk melakukan aktivitas pada saat tidak digunakan, namun bukan trek utamanya.
  4. Pit Building
    Fakta menarik Sirkuit Mandalika berikutnya adalah pit building 100% terbuat dari produk-produk asli Indonesia. Pembangunan ini sepenuhnya menggunakan produk dalam negeri yang dilakukan dalam waktu 1,5 bulan. Menariknya lagi, pit building tersebut dibuat secara tidak permanen seperti sirkuit kelas dunia lainnya. Lantai dasar digunakan untuk garasi, lantai dua tribun penonton dan juga VVIP, dan lantai tiga digunakan untuk fasilitas pendukung lain.
  5. Keindahan Pulau Lombok
    Sirkuit Mandalika bertepatan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terkenal akan destinasi wisata dan keindahan pantainya. Lokasi sirkuit sendiri dikelilingi oleh Pantai Seger, Pantai Gerupuk, Pantai Tanjung Aan dan Pantai Kuta Mandalika. Oleh karena itu para pengunjung dan penonton yang berada di Sirkuit Mandalika akan dimanjakan oleh keindahan dari berbagai destinasi wisata yang bisa dikunjungi.
  6. Motif Batik Sirkuit Mandalika
    Area run-off pada lintasan balap Sirkuit Mandalika diberi motif batik yang memberikan keunikan tersendiri dari sirkuit-sirkuit kelas dunia lainnya. Motif batik ini dicat pada run-off tikungan ke-15 dan 16. Motif kain tenun ikat khas Sasak (Lombok) dipilih menjadi motif batik di Sirkuit Mandalika. Dimana warna cat merah sebagai landasan utamanya dan cat putih digunakan untuk membentuk garis-garis motifnya.

Demikianlah beberapa fakta menarik Sirkuit Mandalika yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Bagaimana? Apakah kamu sudah tertarik untuk mengunjungi Sirkuit Mandalika?

Sumber : www.viva.co.id & suara.com

Tr : Atikah Khairunna

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Tersingkir di UCL, Barcelona Resmi Turun Kasta

Teropongonline, Medan-Barcelona dipastikan terdepak dari Liga Champions musim