Apri Rokhyadi Ungkap 3 Langkah Penting Arungi Dunia Kerja

Apri Rokhyadi Ungkap 3 Langkah Penting Arungi Dunia Kerja

- in Kabar Kampus
0
0

Teropongonline, Medan-Apri Rokhyadi, S. Mn selaku pemateri pada Webinar Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Teropong menyampaikan beberapa langkah-langkah dalam persiapan dunia kerja.

Ia mengatakan, untuk langkah awal teman – teman peserta harus mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

“Mungkin teman-teman bisa menanyakan untuk diri sendiri seperti kelebihan teman-teman itu apa, Kekurangan teman – teman itu apa, hal yg disukai dan tidak disukai apa. Proses bertanya ke diri sendiri inilah yang tidak bisa di jawab sejam dua jam, tapi mungkin dari kita ada yang tiba-tiba langsung dapat jawaban, ada juga yang mungkin berminggu-minggu, berbulan/bulan, bahkan 1 semester atau 2 semester baru menemukan jawabannya,” katanya.

Ia juga menambahkan ada 3 langkah yang harus dilakukan untuk persiapan memasuki dunia kerja.

“Yang pertama itu tanya ke diri kita,
Yang kedua adalah melakukan research, misalnya teman-teman bisa cari tahu di google, cari tau ke orang orang, ikuti webinar seperti ini, atau mungkin tanya ke kakak tingkat yang sudah berada di bidang bersangkutan dan lain sebagainya. Yang ketiga itu check exchange, Ini salah satunya yang dekat dengan kita adalah internship atau melakukan magang,” tambahnya.

Terakhir ia menambahkan harapannya untuk peserta webinar. “Aku harap teman-teman di UMSU atau peserta webinar bisa mendapatkan program magang karena pasti ya, sekarang juga ada program kampus merdeka dan lain sebagainya. Dari situ out comesnya atau hasilnya nanti itu ada dua, teman-teman itu bisa jadi suka sama posisi atau bidang yang sudah diimpikan atau yang kedua temen temen itu malah tidak suka. Itu itu adalah proses untuk tau sebenarnya your dream job itu seperti apa,” harapnya.

Tr : Andiri Rizky & Nur Nilam Sari

Editor : Mhd. Iqbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan