7 Tempat Yang Tidak Boleh Dilintasi Pesawat

7 Tempat Yang Tidak Boleh Dilintasi Pesawat

- in Infografik
0
0

1- Kutub Utara
Alasan mengapa pesawat dilarang melintasi kutub utara adalah terdapat medan magnet yang cukup kuat dan terus berubah -ubah. Sehingga pilot akan kesulitan menemukan landasan mana yang merupakan tempat pesawatnya untuk mendarat.


2- Markas Nasa Merrit Island AS.
Pesawat dilarang melintasi NASA setinggi 5000 kaki di atasnya, dengan begitu saat ada peluncuran roket maka tidak akan membahayakan penerbangan sipil. (Sumber info: warta Pontianak, sumber foto en.m.wikipedia.org).


3- Ka’bah
Kalau area tersebut dilintasi pesawat, maka bisa mengacaukan sistem navigasi pesawat dan mengancam keselamatan pesawat. Selain itu, sebuah teori juga menunjukkan bahwa Kakbah adalah pusat titik Bumi. Letak Kakbah yang berada di tengah kutub selatan dan kutub utara membuatnya disebut sebagai “Zero Magnetism Area” dan menjadi pusat Bumi. Hal itulah yang membuat pesawat dan burung tidak bisa terbang di atas Kakbah. .
.
Meski begitu, teori adanya gelombang magnet di atas Kakbah belum bisa dibuktikan secara pasti. Pendapat itu juga ditepis oleh seorang pilot sekaligus pengamat penerbangan Arab Saudi, Hasan Al-GhamidiTepatnya di kawasan Parque Natural de Garraf, jaraknya sekitar 25 km dari Bandara El Prat, Barcelona. (Sumber Liputan 6)


4-Rumah Lionel messi
Meski memiliki rumah di kawasan Gava, yang tak jauh dari Bandara El Prat, Barcelona. Kawasan rumahnya tak boleh dilintasi oleh pesawat terbang. Hal ini bukan karena hak khusus baginya, tetapi lokasi kediamannya merupakan sebuah kawasan yang dilindungi oleh undang-undang Spanyol.
Karena daerah tersebut berisi flora dan fauna yang hampir punah. Oleh sebab itu, pesawat dilarang melintasi areanya demi memberikan ketenangan kepada flora dan fauna di kawasan tersebut. Rumah seharga 106 miliyar memiliki panorama Laut Balearic dan berbagai macam fasilitas salah satunya lapangan sepak bola mini. (Sumber info: minews.id)


5- Pegunungan Himalaya
Salah satu kawasan yang dilarang pesawat melintasi yakni pegunungan Himalaya. Karena pegunungan ini memiliki ketinggian lebih dari 20.000 kaki. Jika pesawat yang biasanya terbang dengan ketinggian 30.000 kaki tidak diizinkan melintasi kawasan tersebut. Sebab, risikonya dapat menabrak Pegunungan Himalaya yang sangat tinggi. Jadi, tak heran pegunungan ini masuk dalam zona terlarang untuk pesawat. Selain karena risiko kecelakaan, Pegunungan Himalaya dianggap bukan tempat yang aman jika pesawat terpaksa melakukan pendaratan darurat. (Sumber info minews.id)


6-Taj Mahal
Badan keamanan nasional India menetapkan zona larangan terbang yakni dalam radius 1,5 km di atas situs bersejarah Taj Mahal. Pemerintah India menetapkan larangan pesawat untuk melintas demi melindungi bangunan apabila terjadi kecelakaan pesawat dan juga menjaga supaya pengunjung Taj Mahal tetap aman. (Sumber info :Warta Pontianak)


7- Segitiga Bermuda
Zona permukaan laut ini berbentuk segitiga yang membentang dari Bermuda, menuju Puerto Rico dan Miami, terkenal sebagai kawasan yang misterius. Terdapat banyak pesawat dan kapal yang lenyap tanpa jejak. Ada banyak spekulasi mengapa kawasan ini begitu berbahaya dan dilarang untuk dilintasi, dari spekulasi ilmiah itulah keberadaan gelombang laut, pusaran air, gas methana, gempa laut hingga spekulasi yang menguji akal sehat macam keberadaan markas Jin dan lorong waktu. Hal tersebutlah, yang membuat pesawat terbang dilarang melintasi kawasan tersebut. (Sumber : minews.id)

Sumber foto : Liputan 6

Tr : Ceby Clara & Dewi Tiara

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan