Jika Semua Diam, Kekerasan Seksual Akan Terus Ada

Jika Semua Diam, Kekerasan Seksual Akan Terus Ada

- in Opini
0
0

Teropongonline, Medan-Seakan tiada hentinya, permasalahan di tingkat Universitas yang ada di berbagai sudut bumi pertiwi Indonesia terus menunjukkan kabar tak sedapnya.

Belum lama beberapa bulan lalu, di tingkat Perguruan Tinggi mengalami polemik semakin menurunnya kebebasan demokrasi dan akademik, kini kembali terdengar kabar kekerasan seksual yang dalam hal ini kalangan mahasiswi yang kerap menjadi korbannya.

Polemik kekerasan dan pelecehan seksual seperti ini tentu sudah menjadi rahasia umum. Khususnya di Indonesia hal ini kerap terjadi. Survei Kemendikbud pada 2020 menyebutkan 77 persen dosen menyatakan kekerasan seksual pernah terjadi di kampus.

Dari data yang penulis temukan dari laman Tempo.co tersebut, sekiranya ada 63 persen yang tidak melaporkan kasus yang diketahuinya kepada pihak kampus. Mayoritas korban kekerasan seksual adalah perempuan

Hal ini tentu sangat disayangkan, seharusnya sebagai mahasiswa bisa terus menyuarakan suaranya meski akan terjadi pembukaman setelahnya.

Tidak seratus persen salah pada mahasiswa, sebagai lembaga terhormat, Perguruan Tinggi juga seharusnya memiliki regulasi yang jelas, mulai dari implementatif dan keefektifan terkait dengan pencegahan dan penanganan kekerasan seksual termasuk pemulihan korban.

Penulis disini berharap kedepan problematika seperti ini perlahan memudar, Perguruan tinggi yang seharusnya bisa melahirkan para generasi emas di masa depan malah menjadi momok menakutkan bagi sejumlah pihak.

Semua elemen harus khusunya dilingkungan kampus, mulai dari Mahasiswa, Tenaga Pendidik, Pers Mahasiswa hingga pihak Pimpinan Universitas bahkan jika perlu Kemendikbud Ristek harus turun tangan menyelesaikan permasalahan buruk ini.

Tr : Mhd. Iqbal
Ilustrasi : jawapos.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

PK IMM FEB UMSU Laksanakan DAD

Teropongonline, Medan-Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)