6 Cara Berani Berbicara di Depan Umum

6 Cara Berani Berbicara di Depan Umum

- in Uncategorized
0
0

Teropongonline, Medan-Hai sobat pong pong, udah pada tau belum gimana sih cara berbicara di depan umum agar tidak gugup ? nah, disini ada 6 cara agar kita tidak gugup saat berbicara di depan umum :

  1. Pahami Siapa Penontonnya
    Kita harus memahami siapa yang akan menonton kita. Ini dapat membantu memahami cara terbaik menyampaikan topik dan mencairkan suasana dengan penonton.
  2. Kuasai Materi Dengan Baik
    Hindari membaca tulisan saja, kita harus menguasai materi agar dapat mengurangi membuat kesalahan. Jangan lupa untuk memperkirakan pertanyaan yang akan diajukan penonton.
  3. Berlatih Terlebih Dahulu
    Selain mempresiapkan perlengkapan presentasi, jangan lupa untuk terus berlatih. Rekamlah saat latihan untuk lebih mudah melihat kesalahan sendiri dan datang lebih awal untuk beradaptasi dengan ruangan.
  4. Kontak Mata
    Salah satu kesalahan terbesar yaitu menyisir ruangan dengan melihat mata penonton satu per satu namun berakhir tidak fokus pada siapapun. Cara yang harus digunakan yaitu fokus kontak mata dan berkomunikasi pada satu orang di setiap sesi presentasi.
  5. Pikirkan Kesalahan Yang Mungkin Terjadi
    Memikirkan kesalahan yang akan terjadi juga penting saat persiapan presentasi. Jika kesalahan itu terjadi, Anda tidak terkejut dan sudah memiliki ide untuk menghadapinya.
  6. Biasakan Melakukan Presentase
    Jangan takut untuk terus mencoba berbicara di depan umum, karena dapat melatih rasa percaya diri dengan cara membiasakan berbicara di depan banyak orang.

Semoga bermanfaat ya sobat pong pong, jangan lupa like dan commentnya yaa.

Tr : Indira Yolanda

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan