Catat ! Gerhana Bulan Sebagian Terjadi Pada 19 November Mendatang

Catat ! Gerhana Bulan Sebagian Terjadi Pada 19 November Mendatang

- in Terkini
0
0

Teropongonline, Medan-Menurut para astronom akan terjadi gerhana bulan terpanjang di abad ini pada tanggal 19 November mendatang. Dimana, saat itu bumi akan melintas diantara bulan dan matahari yang akan menciptakan bayangan dipermukaan bulan.

Melansir dari laman resmi instagram @igndotcom, NASA memprediksi bahwa ini akan menjadi gerhana bulan terpanjang dalam sejarah.

“Di prediksi bahwa gerhana bulan yang akan terjadi pada tanggal 19 November mendatang, akan menjadi gerhana bulan terpanjang dalam 100 tahun. Gerhana ini bisa bertahan selama 3 jam 28 menit,” ungkap NASA dalam unggahan @igndotcom (6/10/2021).

NASA juga mengatakan pada abad ke 21 ini bumi akan menyaksikan gerhana bulan sebanyak 228 kali.

“Bumi akan menyaksikan sebanyak 228 gerhana bulan pada abad ke-21. Sebagian besar gerhana akan terjadi dua hingga tiga kali dalam satu bulan dan gerhana berikutnya akan terjadi pada tanggal 16 Mei 2022,” kata NASA.

Bagi yang ingin menyaksikan gerhana bulan dan tidak dapat menyaksikan secara langsung, bisa melihat dari siaran langsung Youtube Timeanddate.

“Bersiaplah untuk cuplikan langsung timeanddate.com tentang gerhana bulan pada 19 November, dimulai dari pukul 07.00 UTC atau 14.00 WIB,” tulis Timeanddate.

Dalam keterangannya disebutkan juga bahwa jika langit cerah, penduduk Samudra Pasifik, Amerika Utara dan Selatan, dan sebagian wilayah Eropa dan Asia akan melihat bulan purnama berubah menjadi lebih gelap.

Sumber foto : Tempo.com

Tr : Andini Rizky
Editor : Mhd. Iqbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Tersingkir di UCL, Barcelona Resmi Turun Kasta

Teropongonline, Medan-Barcelona dipastikan terdepak dari Liga Champions musim