Gelar PJTD, Teropong Asah 3 Kemampuan Kru Magang

Gelar PJTD, Teropong Asah 3 Kemampuan Kru Magang

- in Kabar Kampus
0
0

Teropongonline, Medan-Pada Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD)ni kali ini LPM Teropong mengasah 3 skill sekaligus. Materi pertama di bawakan oleh Abangda Andi Yusri yang merupakan alumni dari UKM LPM Teropong. Dalam materinya Andi Yusri memaparkan Dasar-dasar Jurnalistik mulai dari pengertian Jurnalistik sampai produk jurnalistik. Yusri mengambil judul besar yaitu ‘Menulis Itu Asyik’.

Adapun ia mengatakan bahwa menulis tidak perlu dijadikan beban, karena dengan menulis kita dapat menerima kepuasan tersendiri atau bahkan mendapat penghargaan tersendiri dikarenakan tulisan yang kita tulis dibaca oleh khalayak.

“Maksud dari judul besar tersebut ialah, bahwa menulis itu tidak perlu dijadikan beban, tetapi bisa dijadikan hobi dan dari menulis juga bisa menjadi pemasukan, karena menulis itu sebuah karya teoritis dan dari situ kita bisa mendapat reward tersendiri dengan tulisan kita yang dibaca oleh orang-orang,” ujar Andi Yusri.

Sementara itu materi kedua membahas tentang Live Report. Materi ini dibawakan oleh Nofri Affandi yang merupakan alumni Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) sekaligus reporter TV One. Dalam pemaparan materinya, ia menjelaskan tentang bagian-bagian live report dan banyak strategi reporter saat live di lapangan, bukan hanya itu Nofri juga memberi tahu kunci dalam menguasai materi saat live report adalah dengan tidak menghapal naskah tetapi dengan menguasai poin-poin informasi yang akan disampaikan.

“Jadi kuncinya adalah, jangan hapal mati materi yang akan kalian sampaikan, tapi tulislah poin-poin pentingnya saja, dan nantinya kalian kembangkan dengan kata-kata sendiri, oleh karena itu harus rajin membaca berita agar dapat mengembangkan data yang kalian catat,” Kata Nofri.

Materi yang terakhir membahas tentang proses pembuatan Infografis yang dibawakan oleh Ginanjar A. Muhammad, selaku CO Founder Wilangan Eduspace. Ia menyampaikan materi-materi tentang infografis serta tips-tips design yang sangat bermanfaat. Dalam pemaparannya Ginanjar mengatakan bahwa, jika ingin memuat infografis yang pasti berisi informasi kita harus membuat design yang sangat berkaitan dengan apa yang akan disampaikan.

“Ketika kita ingin membuat sebuah informasi, tentu saja kita sebisa mungkin dan harus membuat design yang relevan dengan info yang ingin kita sampaikan,” ujarnya.

Sementara itu salah satu anggota magang UKM-LPM Teropong Dinda Indriyani, yang merupakan peserta PJTD pada hari ini menanggapi bahwa banyak pelajaran yang didapat dari ketiga pemateri tersebut, mulai dari belajar berbicara dengan baik kepada narasumber dalam mengumpulkan informasi, strategi di lapangan ketika live report hingga belajar cara menyampaikan informasi menarik lewat infografis.

“Menurut tanggapan saya tentang ketiga materi tersebut adalah, yang pertama saya dapat belajar cara berbicara yang sopan saat sedang mewawancarai narasumber, dan pada materi kedua saya dapat belajar mengenai strategi saat berada dilapangan terutama saat sedang melakukan live report dan pemateri yang terakhir sangat berguna untuk belajar membuat infografis yang unik dan menarik,” katanya.

Tr : Yowana Fadhilah

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

7 Tips Mengerjakan Skripsi Agar Lulus Tepat Waktu

Teropongonline, Medan-Memulai skripsi dengan persiapan dapat menghasilkan skripsi