Pandangan Mahasiswa UMSU Terhadap Tradisi Senioritas di Kampus

Pandangan Mahasiswa UMSU Terhadap Tradisi Senioritas di Kampus

- in Kabar Kampus
0
0

Teropongonline, Medan-Sistem senioritas seakan menjadi pembahasan yang tidak ada habisnya, terutama di lingkungan kampus. Beragam pendapat kerap dilayangkan berbagai mahasiswa mengenai hal tersebut. Beberapa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) pun turut menanggapi persoalan tersebut.

Muhammad Fahri, Mahasiswa semester 7, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menyampaikan bahwa tradisi senioritas sesuatu yang tidak lepas dari tradisi mahasiswa yang membiasakan lebih tua harus dihormati dan disegani. Kamis, (04/11/2021).

“Tradisi senioritas yang sering terjadi di suatu kampus atau organisasi tidak lepas dari tradisi mahasiswa yang menjadi membiasakannya. Dimana yang lebih tua harus dihormati dan disegani, namun ada oknum mahasiswa/senioritas yang menggunakan hak nya untuk membullying, menguntungkan kepentingan pribadi, dan kepentingan beberapa kelompok yang tidak sesuai dengan peranan senior yang harusnya membimbing serta mengarahkan juniornya kearah yang lebih baik,” sampainya

Rizky Fadillah Siregar, Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Agama Islam (FAI) UMSU, mengatakan bahwa aksi senioritas bukanlah hal yang terpenting.

“Sebenarnya hal terpenting yang mesti kita junjung tinggi adalah bagaimana cara kita menghargai orang lain baik yang muda maupun yang tua, bukan aksi senioritas yang disalahgunakan seperti yang terjadi pada kebanyakan kampus,” kata mahasiswa semester 5, jurusan PAI UMSU.

Ricky Irnanda, Ketum IMM Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FIKTI) pun menjelaskan bahwa tradisi senioritas sesuatu yang meresahkan.

“Mengenai senioritas di kampus itu sesuatu yang sangat meresahkan dan harus di tanggalkan, karena tradisi ini bisa membuat konflik dan membuat hubungan antar sesama mahasiswa menjadi tidak harmonis, terutama antara senior dan junior. Kesadaran sebagai mahasiswa bahwa mahasiswa itu sama-sama aset negara dan penerus masa depan bangsa dan negara harus tertanam. Tidak ada pembeda antara senior dan junior di dalam intelektual, namun tetap saling menjaga hubungan harmonis dan menghormati sesama mahasiswa baik yang tua maupun muda ,” jelasnya

Terakhir, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Akuntansi, Hadhratin Agusti Susanto mengungkapkan harapannya atas aksi senioritas di kampus.

” Saya berharap mengenai senioritas ini kedepannya yang perlu itu adalah saling menghormati dan menghargai satu dengan lainnya, dimana senior mengayomi juniornya dan junior menghormati seniornya. Serta senior harus menjadi contoh atau panutan yang baik terhadap juniornya,” harapnya.

Tr : Siti Rifani & Nur Nilam Sari
Editor : Mhd. Iqbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

PK IMM FEB UMSU Laksanakan DAD

Teropongonline, Medan-Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)