UMSU Gelar Webinar Internasional Bahasa dan Budaya

UMSU Gelar Webinar Internasional Bahasa dan Budaya

- in Kabar Kampus
0
0

Teropongonline, Medan-Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menggelar webinar Internasional mengusung tema “Peran Bahasa dan Budaya untuk Pemertahanan Bangsa Pasca Pandemi” melalui Zoom. Kamis, (28/10/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani, M.AP, Sultan Deli VIX, Tuanku Mahmud Lamantjiji Perkasa Alam, Sultan Bintan, Sri Sultan Haji Huzrin Hood, Sultan Serdang, Tuanku Haji Ahmad Thala’a Shariful Alam Shah, Ketua PKBM UMSU, Prof. Dr. Khamil Ansari, M.Pd, Sekretaris PKBM UMSU, Dr. Ade Gunawan, M.Si, dan beberapa pembicara lainnya.

Rektor dalam kata sambutannya mengucapkan terimakasih kepada hadirin atas kerjasama akademik.

“Terimakasih kepada hadirin atas jalinan kerjasama akademik dalam bentuk webinar bahasa dan budaya yang telah kita gagas pada hari yang berbahagia ini. Tentu ini adalah bagian daripada komitmen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara terkhusus Pusat Kajian Budaya Melayu (PKBM) dalam rangka bagaimana terus untuk berikhtiar melestarikan dan juga melakukan kajian – kajian terkait budaya dan bahasa Melayu,” ucapnya.

Rektor juga mengatakan PKBM ini sekaligus untuk memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober.

“Oleh karena itu PKBM Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menggelar webinar antar bangsa bersamaan dengan memperingati 93 tahun Sumpah Pemuda, dimana Sumpah Pemuda merupakan tonggak sejarah tahap kedua setelah kebangkitan Nasional 1908,” katanya.

Dr. Zikmal Fuad, M.A selaku salah satu pembicara menyampaikan bahwasannya selama PPKM dilaksanakan banyak perubahan yang terjadi.

“Dilaksanakannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kebanyakan kegiatan dalam ke seharian manusia diteruskan dalam norma baru berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan. Wabah Covid-19 telah melahirkan perasaan seperti takut, cemas, bimbang dan tertekan yang dapat stres itu satu perubahan yang berlaku pada diri seseorang,” sampainya.
 
Tambahnya, ia mengatakan keadaan ini memberi pengaruh terhadap cara pemikiran.
“Kajian mendapati bahwa wabah Covid-19 ini memberi kesan terhadap aspek kesehatan mental. Keadaan ini memberi pengaruh terhadap cara pemikiran, tingkah laku kegiatan harian dan kefungsian hidup seorang individu,” tambahnya.

Tr : Sonya Mayrevi

Editor : Mhd. Iqbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

7 Tips Mengerjakan Skripsi Agar Lulus Tepat Waktu

Teropongonline, Medan-Memulai skripsi dengan persiapan dapat menghasilkan skripsi