Efek Terlalu Sering Bergadang Bagi Wanita

Efek Terlalu Sering Bergadang Bagi Wanita

- in Infografik
0
0

Teropongonline, Medan-Idealnya, waktu tidur orang dewasa minimal 7-8 jam sehari. Namun sekarang ini, cukup banyak orang yang memiliki jam tidur malam hanya 3-5 jam. Alhasil, tubuh kurang fit, lesu, dan tidak semangat.

Padahal, begadang bagi wanita memberi dampak buruk pada kesehatan tubuh dan kulit wajah. Efek negatif kurang tidur karena begadang menyebabkan berbagai masalah pada kulit wajah yang membuat kamu tidak percaya diri.

Untuk itulah, buat para wanita, sebaiknya kurangi kebiasaan tidur begadang sampai larut malam mulai dari sekarang. Karena, dampak buruk begadang bagi wanita akan merugikan dirimu sendiri.

  1. Memicu timbulnya jerawat
    Selain karena terpapar polusi dan debu, timbulnya jerawat di wajah dapat dipicu lantaran keseringan begadang. Ketika kurang tidur, kadar hormon kortisol akan meningkat. Produksi minyak di wajah pun semakin banyak dari biasanya dan mempercepat tumbuhnya jerawat.
  2. Kulit terlihat kusam

Masih berkaitan dengan hormon kortisol. Efek kurang tidur bagi wanita mengakibatkan sistem kekebalan tubuh melemah. Itu karena hormon kortisol dalam tubuh meningkat yang memicu inflamasi dan membuat kulit kusam.
Kulit kusam bukan cuma menurunkan kepercayaan diri, tetapi juga mengurangi produksi kolagen serta asam hyaluronic yang berfungsi mempertahankan kecerahan kulit.

  1. Wajah tampak lebih tua
    Tanda-tanda penuaan dini merupakan salah satu efek begadang bagi wanita yang paling kentara. Pasalnya, kurang tidur akan menurunkan produksi kolagen pada kulit yang mempercepat penuaan dini, kerutan, dan garis halus di wajah. Maka tak heran, orang-orang yang sering begadang karena insomnia, cenderung memiliki wajah tampak lebih tua 10 tahun daripada usia aslinya.
  2. Berat badan bertambah
    Menurut penelitian, kurang tidur cenderung membuat seseorang lebih cepat lapar dan suka ngemil makanan manis dengan porsi banyak. Kebiasaan ini tentunya memengaruhi berat badan hingga memicu obesitas.Selain makanan manis, mereka yang sering begadang juga cenderung mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi, termasuk beberapa jam jelang tidur malam. Studi menunjukkan, orang yang tidur kurang dari 7 jam sehari berisiko mengalami obesitas ketimbang orang yang jam tidurnya tercukupi.
  3. Kantung mata hitam
    Efek begadang bagi wajah wanita juga menyebabkan kantung mata hitam alias mata panda. Itu karena pembuluh darah tipis di bawah area mata semakin melebar ketika seseorang kurang tidur. Semakin sering begadang, maka lingkaran hitam di bawah mata akan semakin melebar pula. Kondisi ini juga memperparah kondisi kulit wajah yang sudah berjerawat sebelumnya.

Nah, itulah bahasan tentang efek negatif kurang tidur atau efek begadang bagi wanita, mulai dari memicu jerawat sampai meningkatkan berat badan.

Tr : Wanda Pratiwi

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan