Perjalanan UU ITE

Perjalanan UU ITE

- in Infografik
0
0

Teropongonline, Medan-UU ITE UU ITE sudah dicanangkan sejak tahun 2003 dan setelah melalui proses yang panjang diresmikan pada tahun 2008. Namun demikian, dalam praktiknya UU ITE kerap menuai kontroversi. Dikutip dari berbagai sumber, gagasan adanya UU ITE bermula sekitar awal tahun 2000 saat era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Ketika itu, masih terjadi kekosongan hukum di ranah dunia maya atau siber. Sehingga 2 perguruan tinggi negeri, Universitas Indonesia dan Universitas Padjadjaran, masing-masing menyusun konsep RUU cyberlaw Unpad yang dipimpin Prof. Mieke Komar Kantaatmadja, menyusun RUU cyberlaw sebagai UU yang memayungi seluruh aturan teknologi informasi.

Hingga pada tahun 2008, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengesahkan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). UU ini berisi 13 bab dan 53 pasal. Aktivitas dan pemanfaatan teknologi informasi di Indonesia resmi memiliki perlindungan hukum dibawah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Tr : Gina Khalisa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

7 Tips Mengerjakan Skripsi Agar Lulus Tepat Waktu

Teropongonline, Medan-Memulai skripsi dengan persiapan dapat menghasilkan skripsi