Manfaatkan Potensi Desa, Desa Raya Ciptakan Taman Seribu Bunga

Manfaatkan Potensi Desa, Desa Raya Ciptakan Taman Seribu Bunga

- in Ragam
0
0

Teropongonline, Medan-Sejak diresmikan, Taman Seribu Bunga yang terletak di Desa Raya Berastagi, Kabupaten Karo menjadi salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi. Selain panorama alam yang asri wisatawan juga akan di suguhkan dengan berbagai jenis bungayang dapat memanjakan mata bagi siapa saja yang berkunjung ke kawasan tersebut.

Daya tarik utama dari desa wisata ini adalah taman bunga yang didalamnya terdapat berbagai jenis bunga yang tumbuh dengan cantik, salah satunya adalah bunga Krisan. Selain itu, terdapat juga sejumlah spot foto yang keren dan menarik untuk para pengunjung.

Karya Jaya Ginting selaku Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMD) Raya mengatakan bahwa Taman Seribu Bunga yang memiliki luas 4,5 Hektare ini merupakan implementasi dari nama desa itu sendiri. “Kita kasih nama taman seribu bunga sebetulnya implementasi dari nama desa Raya yang sering disebut Desa Seribu Bunga,” ujarnya Kamis, (30/09/2021).

Tujuan dari taman Seribu Bunga yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa ini selain memanfaatkan potensi desa, memperkenalkan Desa Raya sebagai tempat wisata juga bertujuan untuk mengajak anak-anak dan masyarakat agar lebih kreatif dengan keterlibatan mereka di dalamnya.

Lanjutnya, ia mengatakan salah satu cara dalam memajukan desa adalah dengan keterlibatan anak muda di dalamnya. “Kalau mau desa maju, harus banyak anak muda yang terlibat. Bagaimana caranya biar terlibat ya kita ajak mereka bukan justru mempersempit ruang berekspresi untuk mereka,” katanya

Selain itu,  ada tantangan tersendiri dalam membangun Desa Wisata terutama dalam membangun Taman Seribu Bunga di Desa Raya, yaitu sikap skeptis masyarakat dan kesadaran wisata masyarakatnya.“Tantangan yang paling besar dalam membangun desa wisata adalah membangun kesadaran berwisatanya. Tapi kadang kalau kita tunggu kesedaran mereka kita tidak bikin apa-apa, kita buat saja dulu. Nanti ketika mereka sudah terlibat, pasti akan tumbuh kesadarannya,” ungkap Direktur BUMD Raya.

Objek wisata Taman Seribu Bunga, yang terletak di Desa Raya Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Sejak dalam kondisi masa Pandemi Covid-19 wisatawan yang berkunjung hanya berkisar 520 orang. Hal ini disebabkan karena terkendala Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diberlakukan oleh pemerintah. Untuk tiket masuk sendiri hanya berkisar lima ribu rupiah per orang

Tr : Kusnadila Anandari

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

KontraS Sumut Akan Gelar Aksi Bela HAM di Tugu Nol Medan

Teropongonline, Medan-Peringati Hari HAM Internasional, Komisi Untuk Orang