Jadi Narasumber PKKMB FKIP, Prof. Dian Armanto Beri Tips Jadi Mahasiswa Unggul

Jadi Narasumber PKKMB FKIP, Prof. Dian Armanto Beri Tips Jadi Mahasiswa Unggul

- in Kabar Kampus
0
0

Teropongonline, Medan- Mantan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I Sumatera Utara, Guru Besar Universitas Negeri Medan (UNIMED), Prof. Dian Armanto, M.Pd., MA., M.Sc., Ph.D menjadi narasumber Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melalui zoom meeting. Selasa, (28/09/2021).

Pada pemaparan materi, Prof. Dian menjelaskan apa itu unggul dan bagaimana menjadi seorang mahasiswa yang unggul.

“Unggul itu adalah sesuatu yang lebih dari yang lain, terbaik, dan yang paling utama. Mereka yang ingin menjadi unggul haruslah tahan saat belajar dan godaan yang hadir, pertumbuhannya bagus dengan menganggap pendidikan sebagai pengembangan karakter, belajar lebih cepat, tahan terhadap penyakit, produktivitasnya tinggi, serta memiliki banyak teman,” jelasnya.

Tambahnya, ia menyampaikan bahwa menjadi mahasiswa unggul mampu mengantarkan mahasiswa jadi sarjana yang unggul.

“Menjadi mahasiswa unggul itu sesuatu yang bermanfaat dan menguntungkan, salah satunya bisa mengantarkan mahasiswa jadi sarjana yang unggul dengan syarat dia mampu memahami konsep teoretis, mengaplikasikan atau menggunakan teknologi, mampu memformulasikan penyelesaian masalah dan memberi alternatif solusi, dan yang terakhir harus bertanggung jawab,” tambahnya.

Disamping itu, Prof. Dian menyampaikan pentingnya merdeka belajar atau kampus merdeka karena mahasiswa bisa belajar dengan program studi yang berbeda serta pengalaman belajar mengajar yang di dapat dari setiap program untuk pengembangan keilmuwan mahasiswa.

Lebih lanjut, Guru besar UNIMED tersebut menyampaikan pentingnya literasi manusia serta memahami pembelajaran dengan siklus eksperimen.

“Belajar literasi manusia itu menjadi sesuatu yang sangat penting, karena disana kita belajar tentang manusia, belajar mendesain opini buat disampaikan sebab mahasiswa akan menjadi bagian penting dalam masyarakat. Untuk itu juga, bagaimana belajar dengan siklus ekperimen adalah penting, dengan memperhatikan apa yang dipelajari, setelah itu dianalisis, bandingkan dengan kehidupan atau pengalaman kita, lalu pahami dan terakhir diaplikasikan. Itu bisa jadi mendukung kita dan membantu dalam perguruan tinggi ini” jelas prof. Dian tersebut.

Terakhir, diskusi materi yang telah disampaikan serta diskusi terkait sistem akademik dan pembelajaran bagi MABA secara rinci dengan pembagian kelompok sesuai program studinya.

Tr : Siti Rifani & Musbar Afriadi

Editor : Mhd. Iqbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

PK IMM FEB UMSU Laksanakan DAD

Teropongonline, Medan-Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)