Hadir di PKKMB UMSU, Nadiem Makarim : Kemerdekaan Adalah Nafas Mahasiswa

Hadir di PKKMB UMSU, Nadiem Makarim : Kemerdekaan Adalah Nafas Mahasiswa

- in Kabar Kampus
0
0

Teropongonline, Medan-Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim menyampaikan beberapa pesan untuk mahasiswa baru pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Senin (27/09/2021).

Nadiem mengatakan bahwa menjadi mahasiswa tidak sama seperti masa di sekolah.

“Menjadi mahasiswa tidak sama seperti kenaikan jenjang sekolah, menjadi mahasiswa artinya memiliki kemerdekaan yang lebih luas untuk menentukan masa depan. Oleh karena itu, Kemdikbud Ristek memberikan hak kepada seluruh mahasiswa untuk belajar di luar Prodi atau luar kampus selama 3 semester,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan mahasiswa Indonesia harus memanfaatkan kampus merdeka dengan mengikuti program -programnya.

“Mahasiswa Indonesia bisa memanfaatkan untuk mengikuti program-program kampus merdeka, seperti magang di perusahaan atau organisasi sosial dunia, melakukan studi independen, membangun desa, melakukan riset, mengerjakan proyek kemanusiaan, merancang dan merintis wirausaha, melakukan pertukaran mahasiswa di luar atau dalam negeri, atau program kampus mengajar,” ungkapnya.

Tambahnya, bahwa dalam mengikuti program tersebut dapat menjadi pengalaman untuk masa depan.

“Pengalaman itu akan menjadi kendaraan dalam meraih mimpi masa depan. Kami telah berkomitmen tidak hanya memberikan kemerdekaan bagi mahasiswa, tapi menjamin keselamatan perjalanan kalian menggapai cita-cita,” tambahnya.

Di akhir, ia juga memberikan pesan penting untuk memanfaatkan masa kuliah.

“Manfaatkan masa kuliah kalian untuk mengenal diri kalian, membangun jembatan untuk meraih mimpi, dan berkontribusi untuk negeri. Saya percaya bahwa kemerdekaan adalah napas pemuda, napas para mahasiswa, generasi penerus bangsa,” pesannya.

Tr : Annisa Alivia & Siti Rifani
Editor : Mhd. Iqbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan