Adakan Diskusi, Kontras Sumut Ajak Pers Mahasiswa Peduli Isu HAM

Adakan Diskusi, Kontras Sumut Ajak Pers Mahasiswa Peduli Isu HAM

- in Kabar Kampus
0
0

Teropongonline, Medan-Organisasi Kontras Sumatera Utara mengadakan diskusi Hak Asasi Manusia (HAM) bersama Pers Mahasiswa kota Medan di d’Caldera Coffee jalan SM. Raja, Medan. Jum’at, (24/09/2021) siang.

Diskusi tersebut mengusung tema “Mendorong Pers Mahasiswa Peduli Isu HAM” dengan pemateri Rahmat Muhammad yang juga merupakan Staff Kajian Penelitian Kontras Sumatera Utara.

Saat diwawancarai, Rahmat Hidayat menjelaskan alasan Kontras Sumut mengajak Pers Mahasiswa dalam Diskusi HAM tersebut. Ia mengatakan ingin mengetahui bagaimana tanggapan pers mahasiswa dalam menyikapi persoalan kampus dan HAM.

“Penting untuk mengajak kawan – kawan pers mahasiswa karena isu – isu di kampus itu tidak terlalu banyak karena mungkin kurangnya pemahaman, adanya tekanan dari kampus, karena juga faktor – faktor internal sendiri. Jadi kami ingin melihat secara lengkap dan detail bagaimana persoalan di kampus dan apa yang dilakukan pers mahasiswa saat itu terjadi,” ujarnya.

Rahmat pun mengatakan jika Kontras Sumut akan menjalin hubungan jangka panjang dengan Pers Mahasiswa untuk mendukung kampanye publik mengenai HAM.

“Kedepannya kita ingin ada jangka panjang dengan kawan – kawan jurnalis, kami yang konsen berkegiatan di HAM memang membutuhkan dari kawan – kawan jurnalis. Misal satu kasus, jika kasus hanya didampingi secara biasa – biasa saja tanpa adanya kampanye publik yang lebih luas, itu kasusnya cenderung tidak berjalan, harus ada expose keluar,” tambahnya.

Rahmat pun berharap agar Pers Mahasiswa bisa mengimplementasikan materi diskusi tersebut, dan bisa menganalisis suatu isu serta melakukan tindakan advokasi jika isu pemberitaan bermasalah.

“Harapannya kawan – kawan bisa paham materi yang dihadirkan, apa yang telah didiskusikan hari ini, semoga itu bisa jadi implementasi untuk kawan – kawan dalam hal menulis pemberitaan di kampus dan bisa menjadi suatu kewaspadaan bagi kalian mengingat misalnya ada kendala – kendala dalam hal kepenulisan atau pun isu, itu bisa menjadi kewaspadaan dan kalian bisa menganalisis suatu isu yang ingin ditulis, apakah isu tersebut memiliki kesensitifan dan bagaimana mewaspadainya dan bisa mencari jalan advokasinya,” harapnya.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan kegiatan tugas kelompok bagi para pers mahasiswa untuk mempresentasikan berbagai isu HAM yang terjadi di kampus yang ada di kota Medan.

Tr : Mhd. Iqbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan