Mengenal ‘Lucid Dream’

Mengenal ‘Lucid Dream’

- in Infografik
0
0

Teropongonline, Medan-Menurut Alicia Roth, PhD, spesialis yang menangani gangguan tidur. Lucid dream adalah kondisi ketika saat seseorang bermimpi, namun dia menyadari bahwa ia sedang bermimpi. Lalu bagaimana lucid dream itu bisa terjadi?

Tidur memiliki dua fase, yaitu fase rapid eye movement (REM) dan nonrapid eye movement (NREM). Ketika sedang tertidur, gelombanang otak terkadang masih aktif sehingga seseorang yang sednag tertidur akan berada di fase REM lebih lama, hal tersebut akan membuat seseorang merasa berada diantara fase terjaga dan tertidur.

Kondisi tersebut yang membuat lucid dream bisa terjadi.
Namun Bisakah mengendalikan mimpi?, faktanya sesseorang bisa mengendalikan mimpi, semua tergantung pada otak, karena otak menjadi pusat pengendali mimpi, namun pertanyaannya gimana cara mengendalikan mimpi seperti apa yang diinginkan.

Agar seseorang cepat masuk kedalam mimpi ilmuan nyuruh membanyangkan apa yg disukai saat sebelum tidur.

Apakah lucid dream berdampak negatif bagi kesehatan? Lucid dream bukanlah kondisi yang berbahaya dan tidak berhubungan dengan mitos atau hal mistis tertentu. Fenomena ini juga cukup umum terjadi. Meski demikian, jika seseorang mengalami mimpi atau lucid dream yang sama secara terus-menerus, terutama jika pernah mengalami trauma psikologis, ada kemungkinan mimpi tersebut merupakan gejala dari suatu gangguan psikologis, seperti post-traumatic stress disorder (PTSD).

Pada kasus tertentu, orang yang mengalami lucid dream juga bisa mengalami gangguan tidur, seperti sleep paralysis atau fenomena ketindihan. Oleh karena itu, apabila sering mengalami lucid dream yang disertai gangguan tidur atau masalah psikologis tertentu, sebaiknya periksakan ke dokter untuk memastikan penyebab terjadinya mimpi yang di alami.

Tr : Adhlin Faridz

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali