UMSU Buka Seleksi Bantuan UKT, Simak Syarat dan Tata Caranya !

UMSU Buka Seleksi Bantuan UKT, Simak Syarat dan Tata Caranya !

- in Kabar Kampus
0
0

Teropongonline, Medan-Seleksi Bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud RisteK) akan di mulai pada tanggal 20-24 september 2021.

Hal ini tentu menjadi kabar baik khususnya bagi mahasiswa UMSU, pasalnya Bantuan UKT tersebut sudah lama dinanti oleh mahasiswa UMSU. Adapun kriteria mahasiswa penerimaan bantuan UKT adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa yang aktif duduk di semester 3,5,7 dan 9.
  2. Status aktif mahasiswa dibuktikan dengan tercatat di PDDikti pada semester gasal tahun akademik 2021/2022.

Dan syarat penerima bantuan UKT adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa atau orang tua/penanggung biaya kuliah mengalami kendala finansial karena pandemi Covid-19 dan tidak sanggup membayar UKT/SPP semester gasal tahun akademik 2021/2022 dengan ketentuan sebagai berikut:
    a. Mahasiswa yang mengalami kendala finansial karena terdampak pandemi Covid-19 dan tidak sanggup membayar UKT semester gasal tahun akademik 2021/2022.
    b. Mahasiswa yang berasal dari daerah terdampak langsung bencana alam, mahasiswa dari keluarga pesera Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera, mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan, atau mahasiswa dari keluarga dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali maksimal Rp. 4.000.000.
  2. Mahasiswa yang tidak sedang dibiayai oleh program beasiswa lainnya yang membiayai UKT/SPP baik secara penuh atau sebagian, dengan ketentuan sebagai berikut:
    a. Tidak tercatat di perguruan tinggi sebagai penerima KIP kuliah atau Bidikmisi lanjutan (on going).
    b. Tidak sedang menerima beasiswa lain baik yang berasal dari APBN/APBD atau swasta yang telah membiayai UKT/SPP secara penuh/sebagian.
    c. Bukan peserta Program Kampus Mengajar angkatan I dan II, peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka, peserta Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB).

Sedangkan tata cara pendaftarann seleksi penerimaan bantuan UKT yaitu sebagai berikut:

  1. Calon peserta mengisi link pendaftaran seleksi bantuan UKT/SPP 2021 secara online pada https:bit.ly/uktumsu2021 dengan melampirkan persyaratan dalam bentuk soft copy yang masing-masing filenya maksimal 300 kb dalam bentuk PDF, mohon SCAN berkas wajib menggunakan alat scan agar hasilnya rapi (baik) tidak dengan aplikasi scanner pada handphone, file adalah sebagai berikut:
    a. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
    b. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    c. Fotokopi Kartu Keluarga
    d. Kartu Hasil Studi (KHS) semester genap 2020/2021
    e. surat pernyataan bahwa orang tua/wali/penanggung biaya kuliah mengalami kendala finansial karena terdampak pandemi Covid-19 bermaterai 10.000, format dapat diunduh https://bit.ly/suratpernyataanukt2021
    f. Surat keterangan penghasilan orang tua yang dikeluarkan oleh pejabat/pimpinan instansi terkait (bagi PNS/POLRI atau Karyawan Swasta/yayasan) atau surat pernyataan penghasilan orang tua bermaterai 10.000 dan diketahui kepala lingkungan setempat (bagi wirausaha, petani/nelayan, dan lainnya).
    g. Kartu Bantuan Pemerintah yang dimiliki seperti Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau surat keterangan korban bencana alam dari pemerintah setempat, atau surat keterangan dari panti asuhan/panti sosial.

Mahasiswa yang membutuhkan bantuan UKT dapat mendaftarkan diri sampai waktu yang telah ditentukan, dan akan diumumkan pada tanggal 27 September 2021.

Tr : Nur Nilam Sari
Editor : Mhd. Iqbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan