Tata Krama yang Hendaknya diterapkan Saat KKN

Tata Krama yang Hendaknya diterapkan Saat KKN

- in Infografik
0
0

Teropongonline, Medan-Kata KKN pastinya sudah sangat akrab ditelinga mahasiswa, terutama mahasiswa yang mulai memasuki semester 7. Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa.

Adapun salah satu tujuan dari KKN ini adalah Meningkatkan kedekatan atau keakraban terhadap pemerintah daerah, masyarakat dan instansi teknis dalam menyelesaikan penelitian. Oleh karena itu mahasiswa hendaknya memiliki sikap dan tata krama yang dapat diterima dikalangan masyarakat desa. Belakangan ini ada kasus yang mengorbankan mahasiswa disaat KKN berlangsung. Berikut ini beberapa kebiasaan baik yang harus ditanamkan dalam diri kita ketika sedang melaksanakan KKN sebagai mahasiswa yang merupakan kaum terpelajar :

  1. Bersikap sopan dan santun

    Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai macam suku, ras, budaya dan agama. Sebagai mahasiswa yang sudah mengetahui hal ini hendaknya dapat bersikap sopan dan santun terhadap para tetua atau petinggi desa dan dapat menghargai yang lebih mudah tanpa memandang agama, gender, ras, suku dan golongan dalam kehidupan bermasyarakat.
  2. Menghormati adat serta budaya yang ada pada masyarakat setempat.

    Sangat penting bagi anda seorang mahasiswa agar senantiasa menghormati budaya yang berlaku didaerah tempat anda KKN.
  3. Menghargai norma yang ada pada masyarakat desa

    Menghargai norma – norma serta aturan yang berlaku juga penting bagi anda yang ingin mengabdi didaerah tersebut.
  4. Memberi keteladanan pada masyarakat

    Sebagai mahasiswa yang ingin mengabdikan diri perlu memberi contoh yang baik dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, agama dan lainnya.

    Itulah 4 kebiasaan baik atau tata krama ya g hendaknya kita terapkan ketika sedang melakukan kegiatan KKN, Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebagai mahasiswa yang merupakan kaum terpelajar hendaknya menjadi contoh yang baik di dalam masyarakat.

    Tr : Yowana Fadhilah
    Editor : Mhd. Iqbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali