Hari Pertama PJTD LPM Dinamika Bahas Straight News

Hari Pertama PJTD LPM Dinamika Bahas Straight News

- in Terkini
34
0

Teropongonline, Medan – Hari pertama Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD), Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Dinamika membahas materi ‘Straight News’ dengan pemateri Yosep Suprayogi, Redaktur Pelaksana Tempo. Sabtu, (11/09/2021).

Diawal pemaparan Yosep menjelaskan jenis-jenis tulisan dalam media massa. “Di media massa ada 3 jenis tulisan yaitu, tulisan berbasis perisitiwa, berbasis opini dan berbasis majinasi. Nah, berita langsung atau straight news masuk ke dalam tulisan berbasis peristiwa,” jelasnya.

Selanjutnya, Yosep mengatakan bahwa ide menjadi sesuatu yang penting dalam menulis serta harus paham unsur berita. ” Setiap menulis itu harus memiliki ide dan tentunya harus paham unsur berita, karena data jurnalistik disebut lengkap jika mengandung unsur berita. Pahami juga struktur dan menulis tulisan straight news yaitu mulai dari piramida terbalik, angle, dan melengkapi data,” katanya.

Terakhir, Redaktur Pelaksana Tempo itu menyampaikan pesan buat para peserta. “Jurnalis harus tabayun atau disiplin dalam melakukan verifikasi, jangan pernah menerima laporan secara mentah. Mungkin materi ini sepele, tapi pastikan teman-teman menguasai sebenarnya materi ini, sebab ini pondasi bisa menulis ditingkat lanjutan,” sampainya.

Menanggapi hal tersebut, Siti Erika peserta asal LPM Situs, Universitas Airlangga mengatakan pelatihan ini seru dan banyak ilmu yang bermanfaat. ” Pelatihan kali ini sangat seru ditambah pembicara dari tempo, walau tadi ada insiden ke end zoomnya sehingga berhenti sementara. Saya pun mendapat ilmu yang bermanfaat di bidang kepenulisan berita,” katanya.

Pernyataan yang sama pun disampaikan oleh Desi Amelia, peserta asal Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU). ” Kegiatan yang dilakukan Dinamika ini cukup bagus ya kak, mulai dari tema dan susunan acaranya, ya meskipun tidak dipungkiri ada beberapa kesalahan. Pemateri juga bagus dalam penyampaiannya, mudah dipahami dan santai jadi kita ngerti isinya,” sampainya.

Hari pertama diakhiri dengan pemberian sertifikat penghargaan kepada pemateri dan pemberian tugas oleh panitia terkait materi kepada peserta PJTD dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Tr : Siti Rifani

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

PK IMM FEB UMSU Laksanakan DAD

Teropongonline, Medan-Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)