ANJ FKP UNAIR Adakan Great 2021

ANJ FKP UNAIR Adakan Great 2021

- in Terkini
57
0

Teropongonline, Medan – Airlangga Nursing Journalist (ANJ) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (FKP-UNAIR) mengadakan ‘Grand Editor Training Time 2021 (GREAT) melalui zoom meeting . Minggu, (29/08/2021) .

GREAT webinar ini mengusung tema ‘Unlimited Creativity as A Writer (Tips and Trick to Create Your Own Article). Kegiatan ini juga menghadirkan Endri Kurniawati, Editor Tempo.co selaku pemateri dan diikuti oleh siswa dari berbagai sekolah serta mahasiswa dari berbagai Universitas.

Dalam pemaparannya, Endri menjelaskan bahwa dalam proses tulisan jurnalistik ada penyuntingan dan seorang Editor.

“Dalam jurnalistik akan selalu ada penyuntingan, dimana itu sebuah proses memperbaiki naskah dengan menambah, mengubah atau memperbaikinya. Lalu, ada juga editor atau redaktur yang nantinya akan merancang naskah hingga siap disajikan,” paparnya.

Endri juga menjelaskan bahwa dalam menulis struktur kalimat yang baik itu butuh latihan agar terhindar dari kalimat tersesat.

“Bisa menulis struktur kalimat yang baik itu butuh latihan yang betul begitupun bagi seorang jurnalis, karena dengan belajar hal tersebut bisa membuat kita terhindar dari kalimat yang tersesat,” jelasnya.

Lanjutnya, ia menyampaikan tugas dan hal yang harus diperhatikan seorang editor. “Tugas editor yang paling utama memastikan tulisan sesuai pakem dan kaidahnya, jika tidak sesuai maka dia harus mengubahnya. Editor juga harus paham bagaimana struktur tulisan, paragraf serta kalimat, karena setiap tulisan memiliki struktur berbeda, baik itu antara hard news dan feature. Usahakan leadnya memikat, jangan gunakan lead yang kuno, paragraf jangan terlalu gemuk,akurat, konsisten serta gunakanlah kutipan yang lucu dan bagus asal tetap efektiv dan relevan sebagai penguat tulisan,” sampainya

Terakhir Endri menyampaikan, editor adalah orang yang bertanggung jawab atas naskah yang terbit.

“Editor itu orang yang bertanggung jawab penuh atas naskah yang diterbitkan. Dan saya mau menyampaikan sebuah kunci self editing yaitu tega atau keikhlasan membuang kata yang tidak perlu, karena bagaimanapun lebih mudah mengedit tulisan orang lain daripada tulisan kita sendiri,” lanjutnya.

Kegiatan dilanjut dengan diskusi lalu penjelasan jawaban pertanyaan peserta oleh pemateri dan ditutup dengan pemberian sertifat kepada pemateri serta foto bersama.

Tr : Siti Rifani
Editor : Mhd. Iqbal

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan