PKM-PM 2021 UMSU Lakukan Pembuatan Tempat Sampah Terapung dan Pemanfaatan Sampah Plastik

PKM-PM 2021 UMSU Lakukan Pembuatan Tempat Sampah Terapung dan Pemanfaatan Sampah Plastik

- in Kabar Kampus
63
0

Teropongonline, Medan-Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat 2021 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara melaksanakan pengabdian di Kampung Nelayan Seberang, Belawan, Sumatera Utara.

Adapun judul dari PKM-PM Tersebut yakni “Pembuatan Tempat Sampah Terapung dan Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Batako Untuk Pelestarian Lingkungan di Kampung Nelayan Seberang, Belawan, Sumatera Utara”.

Hal ini didasari oleh sampah yang merupakan material buangan, karna sudah tidak digunakan dari hasil sisa industri atau rumah tangga. Beberapa sampah banyak mencemari lingkungan khususnya sampah plastik sehingga mengganggu wilayah dan kesehatan makhluk hidup terutama manusia.

Adapun kelompok PKM-PM 2021 tersebut terdiri dari Indah Ayuni sebagai Ketua Kelompok, beranggotakan Muhammad Alvinza Chairyan, Riski Candra Ependi Marpaung dan Rendi Priel Laksana dengan Dosen Pendamping Hadriman Khair, SP., M. Sc.

Indah Ayuni menjelaskan latar belakang judul PKM tersebut. “Jadi, setelah kami berdiskusi bersama masyarakat mitra kami disana, permasalahan disana yaitu sampah. Maka latar belakang kami yang pertama sumber sampah disana bukan hanya dari sampah rumah tangga, tetapi berasal dari sampah kiriman akibat ombak laut dari berbagai daerah. Kemudian banyaknya sampah yang berserakan di lingkungan ini menjadi masalah yang harus dipikirkan cara penanggulangannya,” ujarnya.

Ia pun menambahkan jika dari hal tersebut mereka memilih judul tersebut. “Bedasarkan kondisi tersebut, maka kami melakukan aksi nyata dalam menyelesaikan masalah sampah masyarakat Kampung Nelayan melalui kegiatan PKM-PM 2021 ini,” tambahnya.

Indah pun menjelaskan rangkaian kegiatan mereka selama pengabdian masyarakat. “Kegiatan yang kami lakukan yaitu mensosialisasikan, memberikan pelatihan, dan pendampingan dalam pembuatan tempat sampah terapung dan pemanfaatan sampah plastik menjadi batako ini. Jadi sampah plastik yang dikumpulkan oleh warga, kita olah jadi batako,” ujar Indah.

Kepala Lingkungan Kampung Nelayan Seberang, Sarawiyah turut mengapresiasi kegiatan yang dilakukan tim PKM-PM 2021 UMSU. Ia berterimakasih dan berharap hal ini bisa bermanfaat kepada masyarakat khususnya di Kampung Nelayan Seberang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Tersingkir di UCL, Barcelona Resmi Turun Kasta

Teropongonline, Medan-Barcelona dipastikan terdepak dari Liga Champions musim