PIC MBKM UMSU Jelaskan Tiap Program Kampus Merdeka

PIC MBKM UMSU Jelaskan Tiap Program Kampus Merdeka

- in Kabar Kampus
55
0

Teropongonline, Medan-Person In Charge (PIC) atau Koordinator Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menjelaskan program-program pada Kampus Merdeka. Rabu, (18/08/2021).

Dewi Kesuma, S.S., M.Hum., sebagai PIC Kampus Mengajar Angkatan II mengatakan program ini bertujuan untuk belajar dan mengembangkan diri para mahasiswa.

“Kampus Mengajar ini merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri di luar aktivitas perkuliahan,” ucapnya.

Ia juga mengatakan mahasiswa yang ikut Kampus Mengajar akan membantu guru.

“Mahasiswa yang ikut program Kampus Mengajar akan ditempat di Sekolah Dasar dan juga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Membantu guru, khususnya dalam pembelajaran literasi dan numerasi, membantu adaptasi teknologi, serta membantu administrasi dan manajerial sekolah,” ujar Dewi.

PIC Pertukaran Mahasiswa Merdeka yaitu Dr. Hasrudy Tanjung, M. Si., menjelaskan bagaimana pertukaran mahasiswa merdeka tersebut.

“Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan pertukaran antar pulau selama 1 semester yang memberikan pengalaman kebhinekaan nusantara antar perguruan tinggi dengan setara maksimal 20 SKS,” ujarnya.

Hasrudy juga menjelaskan 3 skema dalam program pertukaran mahasiswa merdeka ini.

“Ada 3 skema yang dapat dipilih bebas oleh mahasiswa. Skema 1 adalah terdiri dari 20 SKS yang diambil dari Perguruan Tinggi (PT) penerima dengan ketentuan 2 SKS Nusantara, 9 SKS penguatan kompetensi kurikulum sesuai prodi, dan 9 SKS lainnya untuk penguatan kompetensi diluar kurikulum dan diluar prodi,” jelasnya.

Lanjutnya, Hasrudy mengatakan untuk skema 2 adalah 20 SKS dengan kombinasi PT penerima dan PT pengirim.

“Skema 2 adalah 20 SKS dengan kombinasi dari 10 SKS yang ada di PT penerima dilakukan secara luring dan 10 SKS lainnya diambil dari PT pengirim dilakukan secara daring, sedangkan Skema 3 kebalikan dari skema 2,” lanjutnya.

Selain itu, Dewi Andriani, S.E., M.M., selaku PIC Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) juga menjelaskan bagaimana sistem dalam KMMI.

“Dalam program KMMI ini, dilakukan sebanyak 16 kali pertemuan dengan konversi nilai 3 SKS. Pertemuan tersebut dilaksanakan tanpa meet test, kemudian diakhir course nanti tim pengajar akan memberikan nilai kepada mahasiswa dan PT penyelenggara akan memberikan sertifikat untuk konversi nilai,” tuturnya

Sambungnya, Dewi mengatakan jika materi yang sudah disiapkan memang dibutuhkan dunia industri.

“Memang materi yang sudah disiapkan oleh tim pengajar lebih mengarah ke praktek yang akan dilakukan oleh mahasiswa, dan memang sangat dibutuhkan oleh dunia industri,” sambungnya.

Sukma Lesmana, S.E., M.Si., selaku PIC Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) memberitahukan manfaat dalam mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat.

“Manfaat yang didapat mahasiswa dalam mengikuti program ini yaitu, pertama mendapatkan pembelajaran penuh dari lingkungan mitra perusahaan, kedua mendapatkan pendampingan intensif dari mentor profesional yang disediakan oleh perusahaan,” paparnya.

Tambahnya, Sukma mengatakan manfaat lainnya yakni mendapatkan uang saku dan mendapatkan sertifikat industri.

“Manfaat lainnya yakni, mendapatkan uang saku setiap bulan selama program berjalan, kemudian mendapatkan pengakuan kredit semester sebanyak 20 SKS, dan terakhir yang paling penting mendapatkan sertifikat industri yang diberikan oleh perusahaan,” tambah Sukma.

PIC Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) yaitu Dr. Eka Erlangga, S. Ked(Ped)., S.Pa, juga memberitahukan persyaratan dalam mengikuti program IISMA.

“Memang persyaratan dalam program IISMA ini cukup ketat, karena harus mahasiswa semester 4 ke atas, IPK harus diatas 3 koma ke atas, dan yang paling penting nilai TOEFL ITP nya harus 550 ke atas,” ungkapnya.

Tr : Annisa Alivia & Siti Rifani
Editor : Mhd. Iqbal


About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali