CDAC UMSU Laksanakan Bimtek Juara MSIB

CDAC UMSU Laksanakan Bimtek Juara MSIB

- in Kabar Kampus
64
0

Teropongonline, Medan-Career Development dan Alumni Centre (CDAC) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menggelar bimbingan teknis untuk Magang Studi Independent Bersertifikat (MSIB) melalui Zoom. Kamis, (19/08/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua CDAC sekaligus Reviever MSIB, Sukma Lesmana, S.E, M. Si, Person In Charge (PIC) MSIB, Lufriansyah, S.E, M. Ak, dan Sebagian mahasiswa khususnya yang mengikuti serta tertarik dengan Program MSIB.

Sukma Lesmana mengatakan bahwa orang yang lulus MSIB adalah Juara. “Mengapa yang lulus MSIB dikatakakan juara? Karena mereka adalah orang – orang yang sudah berhasil bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pendaftar. Terdata ada 104.633 mahasiswa Indonesia yang daftar program ini dan mahasiswa UMSU yang lulus ada 92 orang,” katanya.

Ketua CDAC itu pun menjelaskan hal – hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan program ini nantinya.

“Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, pertama untuk magang yang bersertifikat, ya walaupun sangat sedikit yang mendaftar tapi kita akan tetap bahas daily activitiesnya, seperti hadirlah sesuai jam kerja, briefing, jalankan tugas pokok dan fungsi perusahaan dengan baik, jangan menganggap remeh, lakukanlah sesuai dengan bagaimana kegiatan perusahaan itu berjalan,” ungkapnya.

Tambahnya, Sukma juga mengatakan hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan Studi Independen.

“Buat Studi Independen, hadirlah sesuai jadwal studi, aktif dalam segala studi seperti studi kasus, lakukan apa yang disuruh seperti artikel dan project yang nantinya akan disuruh 2 atau 3 bulan terakhir studi, buat semua targetnya tercapai.” jelasnya.

Sukma juga memberikan 9K untuk kiat sukses dalam menjalan MSIB.

“Ada 9K atau 9 kiat yang harus dijalankan, pertama niat, harus pasang niat ingin mendapat sertifikat industri. Kedua disiplin, dengan mengikuti program ini saya yakin kalian akan semakin disiplin. Ketiga mau belajar, kunci buat menjalankan program ini mau belajar. Ke-empat open mind, yaitu anda harus memiliki pikiran yang terbuka atas perbedaan, kritik, dan saran,” ungkapnya.

Sambungnya, kemudian harus menjadi orang yang mandiri.

“Kemudian kelima mandiri, anda harus kerja mandiri karena tugas-tugas nya secara sendiri. Ke-enam profesional, dengan mendahulukan pekerjaan anda sendiri. Ketujuh komunikatif, artinya tidak hanya mendengarkan saja anda juga harus memberikan pertanyaan dan jawaban. Ke-delapan bertanggung jawab, dan kesembilan solutif yaitu mencari solusi atas permasalahan yang ada,” tuturnya.

Terakhir, Lufriansyah, S.E., M.Ak., yang juga selaku PIC MSIB mengatakan pihak PIC akan membahas tentang panduan pengisian KRS.

“Akan ada panduan pengisian KRS dan akan kami beritahukan ke prodi masing-masing, kita juga sedang menunggu surat keputusan penempatan dari pemerintah untuk peserta yang lulus MSIB,” ujarnya.

Tr : Siti Rifani & Annisa Alivia
Editor : Mhd. Iqbal

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Antrean Kapal Pengangkut di Singapura Pemicu BBM Langka di Sumut

Teropongonline, Medan-“Masyarakat dibuat resah dengan kelangkaan yang terjadi