UMSU Adakan Sosialisasi Implementasi Program Kampus Merdeka

UMSU Adakan Sosialisasi Implementasi Program Kampus Merdeka

- in Kabar Kampus
57
0

Teropongonline, Medan-Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) adakan sosialisasi terkait implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui Zoom meeting. Rabu, (18/08/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor l, Assoc. Prof. Dr. Muhammad Arifin Gultom, M. Hum, Wakil Rektor ll, Assoc. Prof. Dr. Akrim, M.pd, Wakil Rektor lll, Assoc. Prof. Dr. Rudianto, S. Sos, M. Si, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (KABIMAWA) Radiman, SE., M. Si.,

Kemudian hadir pula Person In Charge (PIC) Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Dr. Hasrudy Tanjung, M. Si, PIC Program Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Sukma Lesmana S.E, M. Si, PIC Kampus Mengajar Angkatan ll, Dr. Dewi Kesuma S.S, M. Hum, PIC Kredensial Mikro, Dewi Andrian, S.E, M. M, PIC Indonesian International Student Mobility Award, dr. Eka Erlangga, S. Ked (Ped), S. Pa, Tim Program MBKM, Murviana Koto, S.E, M. Si, dan para pimpinan UMSU.

Tujuan kegiatan ini yaitu melakukan koordinasi dan konsolidasi semua program universitas termasuk program kampus merdeka. WR I yaitu Assoc. Prof. Dr. Muhammad Arifin Gultom, M. Hum., mewakili Rektor dalam kata sambutannya memaparkan sedikit aspek Tridarma kampus yakni hal yang selalu disampaikan rektor di setiap kesempatan.

“Kita akan segera masuk tahun ajaran baru di bulan September atau Oktober nanti, lalu perkuliahan secara daring atau pembelajaran melalui E-Learning sudah dilakukan dan berjalan lancar, selain itu pelayanan bimbingan, riset mahasiswa, peningkatan publikasi, dan kerjasama dengan pemerintah, daerah, serta lembaga lainnya harus terus diupayakan, yang terakhir koordinasi dan evaluasi terus dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan akreditasi Perguruan Tinggi (PT). Itu adalah hal – hal yang disampaikan rektor dalam tiap kesempatan,” paparnya.

WR I juga menyampaikan bahwasanya kita harus menyesuaikan rangkaian MBKM yang dilakukan dalam beberapa program.

“Landasan MBKM adalah Permendikbud No. 3 tahun 2020 pasal 15 dan UMSU sendiri berpartisipasi dalam beberapa program MBKM seperti hibah kurikulum 6 program studi, kampus mengajar, MSIB dan sebagainya. Sehingga kita harus bisa menyesuaikan rangkaian MBKM dengan beberapa program yang diikuti,” sampainya.

Arifin pun berharap dengan dibentuknya PIC atau koordinator setiap program dapat mempermudah.

“Meskipun masih ada laporan tentang belum pahamnya sebagian dosen dan mahasiswa tentang program ini kita tetap harus melanjutkannya. Sehingga dengan UMSU membentuk PIC atau koordinator setiap program MBKM, itu dapat mempermudah kinerja yang dibuat oleh Pemerintah dan semoga kedepannya semakin jelas,” harapnya.

Dilanjutkan dengan WR lll yaitu Assoc. Prof. Dr. Rudianto, S. Sos, M. Si., ia menjelaskan MBKM adalah sesuatu yang birokratis dimana belajar secara merdeka dilakukan.

“MBKM adalah sesuatu birokratis dimana belajar itu secara merdeka, karena mahasiswa dan dosen tidak bisa hanya belajar dalam keterbatasan khususnya hanya di kampus. Hak belajar itu dimana saja dan dari mana saja,” jelasnya.

Dr. Rudianto juga mengatakan bahwasanya delapan program kampus merdeka dibagai menjadi dua.

“Pada dasarnya delapan program ini dibagi menjadi dua, yakni ada program pertukaran pelajar yang dilakukan tetap pada perguruan tinggi dan ada yang non magang yaitu belajar di luar perguruan tinggi. Lalu terkait pendanaan, itu ada yang sepenuhnya didanai pemerintah, tapi ada juga yang mandiri atau dana dari Universitas,” katanya.

Tutupnya, WR III mengucapkan selamat buat dosen dan mahasiswa yang berada dalam program ini.

“Selamat buat para dosen yang lulus dalam program magang terkhusus dalam industri, begitu pun buat seluruh mahasiswa. Semoga kedepannya semakin jelas,” tutupnya.

Tr : Siti Rifani & Annisa Alivia
Editor : Mhd. Iqbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

PK IMM FEB UMSU Laksanakan DAD

Teropongonline, Medan-Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)