Dirjen IKP Kemenkominfo Ungkap Banyaknya Hoax Selama Pandemi

Dirjen IKP Kemenkominfo Ungkap Banyaknya Hoax Selama Pandemi

- in Kabar Kampus
42
0

Teropongonline, Medan-Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kemenkominfo) Republik Indonesia, Usman Kansong, S.Sos, M.Si, menanggapi banyaknya kasus hoax di media sosial selama pandemi.

.

“Di era covid 19 yang memasuki waktu hampir 2 tahun sekarang ini, hoax begitu merajalela, terutama melalui media sosial. Data komunikasi dan informatika dalam masa covid 19 ini, ada sekitar 4000 hoax yg kami identifikasi. Dalam masa setengah tahun di 2021 juga ada 1400 informasi tidak benar atau sesat yang beredar di masyarakat,” ungkap Dirjen IKP.

.

Ia juga mengatakan bahwa diera reformasi sekarang ini tentu saja kebebasan berpendapat semakin meningkat.

.

“Di era reformasi sekarang ini tentu saja kebebasan berpendapat semakin meningkat begitupun kebebasan berpendapat melalui jurnalisme, foto, tulisan dan media sosial. Dalam menyampaikan pendapat, terkadang kita berlebihan dalam menyatakan pendapat, sehingga pendapat itu bisa berupa ujaran kebencian, misinformasi bahkan disinformasi atau hoax,” kata Dirjen IKP.

.

Lanjut Dirjen IKP, bahwasannya di era perkembangan teknologi digital sekarang ini bahkan video dan foto bisa di salah gunakan.

.

“Diera perkembangan teknologi digital sekarang ini bahkan video dan foto bisa di salah gunakan. Ini pula bisa digunakan untuk menyampaikan hal – hal yang tidak sesuai dengan fakta yang ada di lapangan itulah yang sering kita sebut sebagai era disrupsi informasi,” lanjut Usman.

.

Ia juga memberikan pesan, kalau boleh lah sekiranya kita juga menyampaikan pesan – pesan kita semua, terutama kita sebagai para mahasiswa untuk meningkatkan skill nya

.

“Saya sebagai Dirjen IKP menyampaikan pesan bagaimana hari ini kita melakukan ajang literasi digital boleh lah sekiranya kita sampaikan pesan – pesan kita semua, terutama kita sebagai para mahasiswa untuk meningkatkan skill nya dalam kemampuan digitalnya untuk menghindari atau juga melakukan perspektif bagi masuknya miskomunikasi dan juga foto atau gambar berperan sangat penting dalam melawan hoax,” ujar Usman Kansong.

.

Tambahnya, Usman Kansong pun mengatakan banyak juga hoax yang terkait dengan vaksin tersebut.

.

“Tema hari ini yang dikaitkan dengan vaksinasi, banyak juga hoax yang terkait dengan hal tersebut bahkan yang ada gerakan anti vaksin. Mudah – mudahan dengan foto dan gambar bisa menepis gerakan – gerakan anti vaksin seperti yang sedang berlangsung di negara kita maupun di negara lain,” tambah Dirjen IKP.

.

Usman juga mengatakan, jika kita perlu menepis informasi vaksin yang tidak benar agar masyarakat mau di vaksin.

.

“Semua perlu kita tepis informasi tentang vaksin yang tidak benar supaya masyarakat mau divaksin, karena kita tahu vaksin adalah sebagai gen changer terhadap covid 19 saat ini. Hanya melalui vaksin yang utama tentunya, maka kita dapat segera keluar dari pandemi covid,” ucapnya.

.

Terakhir ia menyampaikan harapannya pada webinar untuk bisa meningkatkan literasi digital kita semua.

.

“Saya berharap webinar ini bisa meningkatkan literasi digital kita semua, karena sekarang foto maupun video disebarkan melalui media digital dan tidak lagi melalui kertas yang dicetak,” harap Usman Kansong Dirjen IKP.

.

Tr : Berry Sanjay & Indila Rischa
Editor : Mhd. Iqbal

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Syarat Menjadi Wirausaha yang Sukses

Teropongonline, Medan-Steve Jobs, Walt Disney, Benyamin Franklin, Hans