5 Tips Investasi Saham Untuk Pemula

5 Tips Investasi Saham Untuk Pemula

- in Infografik
35
0

Teropongonline, Medan-Saat ini saham menjadi salah satu instrumen investasi yang cukup populer. Salah satu alasannya yakni karena memberikan return yang cukup tinggi.

.

Namun tak sedikit masyarakat yang merasa gagal dalam berinvestasi di pasar modal karena pengetahuan yang belum memumpuni dan jadinya asal membeli saham. Sejatinya, pengetahuan terkait cara memilih saham terbaik adalah hal terpenting sebelum investasi.
Berikut 5 tips berinvestasi saham untuk pemula :

  1. Carilah perusahaan untung

Pilihlah emiten yang memiliki pertumbuhan laba positif. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kestabilan pendapatan dan laba emiten, dengan melihat data selama 10 tahun terakhir.
Anda juga perlu memperhatikan pos arus kas dan aktivitas operasional. Jika Anda menemukan angka arus kas dekat dengan net income, maka dapat dikatakan perusahaan tersebut baik.

2. Nilai Return on Equity (ROE) di atas bunga kredit bank

Pilihlah saham dengan tingkat pengembalian ekuitas (ROE) di atas bunga bank. Sebagai contoh jika bunga kredit dari bank 11 persen, maka ROE saham yang dipilih harusnya lebih tinggi dari itu.

3. Rasio Debt to Equity Ratio (DER)

Meski hampir 90 persen dari emiten pasti memiliki piutang tetapi jumlah dan rasio utang atau debt to equity ratio (DER) harus diperhatikan.

Pada dasarnya cara ini sama dengan investasi saham ala syariah, dimana Anda tidak memiliki emiten dengan utang tinggi atau rasio utang lebih dari terhadap ekuitas data 2x.

4. Sering diperdagangkan

Anda dapat memilih emiten yang tergolong LQ45, atau saham-saham aktif. Saham-saham emiten berkapitalisasi pasar besar atau blue chip biasanya direkomendasikan.

5. Periksa laporan keuangan

Cara ini dapat membantu untuk lebih mengenal manajemen perusahaan incaran Anda. Jika net income perusahaan tersebut positif tetapi nilai cash-nya minus, dapat dikatakan bahwa manajemen perusahaan tersebut kurang bagus.

.

Terlepas dari lima poin di atas, Anda juga perlu mencari pengetahuan tentang kondisi pasar modal terkini. Investor harus rajin membaca berita ekonomi dan mencari tahu soal apa yang terjadi, baik di pasar saham maupun di dunia secara general.

.

Tr : Nabila Saskia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Mahasiswa Langgar Aturan Merokok di Kampus

Teropongonline, Medan-Terlihat dua orang mahasiswa yang sedang merokok