Hari Terakhir Almamater 6, Bahas Metode Peliputan Investigasi

Hari Terakhir Almamater 6, Bahas Metode Peliputan Investigasi

- in Kabar Kampus
42
0

Teropongonline, Medan-Hari terakhir Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) Almamater 6 Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Teropong, membahas tentang Metode Perencanaan, dan Peliputan Jurnalisme Investigasi yang dibawakan oleh pemateri Joni Aswira. Minggu, (25/07/2021).

.

Joni Aswira yang merupakan Assignment Editor di CNN Indonesia mengatakan bahwa perbedaan berita investigasi dengan berita biasa adalah di penekanan aspek tertentu.

.

“Perbedaan berita biasa dengan berita investigasi, secara teoritis, unsur berita tetap sama 5W+1H, tapi untuk berita investigasi lebih banyak menekankan pada aspek kenapa, bagaimana dan siapa,” ucapnya.

.

Tambahnya, ia menjelaskan bahwa metode liputan investigasi lebih terencana. “Metode penelusuran investigasi tentu berbeda, lebih terencana, dan berangkat dari informasi atau bukti awal yang cukup yaitu bisa dibilang memiliki hipotesis awal,” jelasnya.

.

Joni juga menyampaikan dalam penyajian liputan investigasi dilakukan secara sederhana. “Penyajian dalam liputan investigasi, menyampaikan persoalan yang rumit secara sederhana dan mampu menjabarkan seluruh aktor utama yang terlibat serta perannya, berarti harus bisa mendudukkan peran-peran orang yang terlibat, jadi persis dengan tugas-tugas penyelidikan diambil dari keterangan saksi,” ungkapnya.

.

.

Selesai memberikan materi, pemateri juga memberikan tugas untuk peserta PJTLN berupa proposal liputan investigasi dalam bentuk kelompok.

.

Menanggapi hal itu, salah satu peserta PJTLN yaitu Star Munthe dari Persma Pijar Universitas Sumatera Utara (USU) mengatakan bahwa ada hal yang paling berkesan.

.

“Hal yang disampaikan oleh bang Joni sebenarnya banyak, tetapi ada yang paling berkesan buat saya, tentang penentuan topik investigasi, dibagian ini kan kita dapat menentukan ide, karena banyak orang menentukan topik tapi tidak sesuai dengan isinya, jadi banyak informasi atau hal positif yang saya dapat,” katanya.

.

Calvine Williams dari LPM Kreatif Universitas Negeri Medan (UNIMED) juga memberikan harapan untuk sesama LPM agar selalu berhubungan baik. “Harapan saya, semoga adanya hubungan baik antar LPM dan membuat hubungannya semakin erat karena adanya PJTLN ini,” harapnya.

.

Tr : Annisa Alivia dan Muthi’ Nur Hanifah

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Adakan Diskusi, Kontras Sumut Ajak Pers Mahasiswa Peduli Isu HAM

Teropongonline, Medan-Organisasi Kontras Sumatera Utara mengadakan diskusi Hak