Manfaat Social Media Detox

Manfaat Social Media Detox

- in Artikel
75
0

Teropongonline, Medan-Media sosial sudah mendominasi kehidupan manusia masa kini. Mungkin bisa dibilang hidup kita sehari-hari itu ya di media sosial. Bangun tidur ngecek Instagram, mau masuk kuliah atau kerja ngecek Twitter, sampai mau tidur aja harus scroll timeline dulu buat memastikan kita nggak ketinggalan secuil informasi pun.

.

Tren semacam ini emang nggak bisa dihindari, mengingat dunia digital terus berkembang setiap detiknya. Tapi di sisi lain, kebiasaan ini bisa bikin kecanduan dan berdampak buruk terhadap mental manusia jika tidak terkontrol.

.

Misalnya kita jadi lebih sering menunggu atau melihat notifikasi yang masuk, cemas dengan jumlah like yang akan didapatkan, tidak berkomunikasi dengan orang sekitar, mengalami fenomena Fear of Missing Out (FOMO), hingga mengalami cyber bullying. 

.

Nah, maka dari itu ada baiknya kita melakukan detoks sosial media. Perlu diingat bahwa social media detox ini tidak harus bersifat selamanya. Kita bisa menonaktifkan notifikasi yang masuk, log out dari semua akun sosial media , atau bahkan menghapus aplikasi dari smartphone untuk sementara waktu. Apabila dalam beberapa waktu merasa detox tersebut sudah cukup, kita bisa kembali lagi menggunduh dan log in di akun kita. Berikut manfaat social media detox:

  1. Mengurangi kecemasan
    Dengan tidak melihat unggahan orang lain, maka kita akan jauh lebih bahagia dan tidak cemas, jika sebelumnya dengan melihat unggahan orang lain akan membuat kita membandingkan hidup kita dengan hidup mereka yang “terlihat lebih bahagia” di foto, dan jika sebelumnya kita selalu cemas menunggu jumlah like dari foto yang kita bagikan, tentunya dengan istirahat sejenak atau detoks sosial media akan membantu kita lebih rileks.
  2. Bisa meningkatkan kualitas tidur.
    Berapa banyak di antara kita yang cek media sosial sebelum tidur?
    Begadang karena kelamaan menjelajah akun media sosial gosip ,selebgram favorit, story teman-teman, stalking ig idola sampai mantan, ataupun berselancar di youtube?
    Ya, salah satu dampak buruk penggunaan media sosial adalah gangguan tidur. Banyak orang yang mengorbankan waktu tidurnya hanya untuk bermain media sosial. Padahal, tidur adalah kebutuhan tubuh dasar manusia. Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai penyakit di kemudian hari. 
  3. Belajar mengendalikan diri soal ketinggalan kabar, informasi atau trend
    Jika terlalu berlebihan mengonsumsi media sosial, biasanya kita akan cenderung dilanda kecemasan kalau semenit aja tidak melihat demi kabar terbaru, entah itu idola, teman-teman kita, ataupun informasi.
    Menangani kecanduan media sosial memang tidaklah mudah. Namun jika kita berusaha mencoba, setidaknya dengan detox media sosial kita bisa mengendalikan kecemasan dan membiasakan diri agar gak ketergantungan mencari kabar atau informasi lewat media sosial.

4. Hubungan dengan orang sekitar menjadi lebih baik

Terlalu fokus dengan apa yang ada di media sosial bikin sering lupa kalau kita juga punya kehidupan di dunia nyata. Hidup serumah, tapi ngerasa tidak kenal-kenal banget sama keluarganya sendiri, karena tiap hari pada sibuk sama smartphone masing-masing. Padahal kodratnya manusia itu ya bersosialisasi, tidak hanya secara online aja tapi juga offline. Walau gimana pun canggihnya media sosial, tetap tidak bisa menggantikan fungsi-fungsi penting dari berinteraksi secara langsung. Vakum sebentar atau detoks media sosial bakal bantu kita terhubung kembali dengan lingkungan nyata.

.

5. Dapat melakukan hal lain yang lebih berfaedah

Kita pasti pernah ngerasa nggak punya waktu buat olahraga, atau sekedar bersih-bersih rumah, padahal seharian tidak ada berkegiatan. Ini disebabkan karena waktu libur dari rutinitas, kita malah berselancar di media sosial. Istirahat dari 1 kesibukan, malah justru masuk ke kesibukan lain. Coba bandingkan kalau kita vakum sebentar dari media sosial, waktu luang itu bisa digunakan buat melakukan hal lain yang lebih bermanfaat.

.

Tr : Anggi Syafitri

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Tersingkir di UCL, Barcelona Resmi Turun Kasta

Teropongonline, Medan-Barcelona dipastikan terdepak dari Liga Champions musim