Hari Pertama PJTLN, Bahas Sejarah dan Perkembangan Jurnalisme Investigasi

Hari Pertama PJTLN, Bahas Sejarah dan Perkembangan Jurnalisme Investigasi

- in Kabar Kampus
63
0

Teropongonline, Medan-Hari pertama Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Teropong Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), membahas tentang Sejarah dan Perkembangan Jurnalisme Investigasi melalui aplikasi Zoom. Sabtu, (24/07/2021).

.

Kegiatan ini diikuti 20 peserta yang berasal dari lembaga-lembaga pers yang ada di seluruh Indonesia.

.

Materi Sejarah dan Perkembangan Jurnalisme Investigasi tersebut dibawakan oleh Mustafa Silalahi yang merupakan Redaktur Utama Tempo. Dalam penjelasan Mustafa, sejarah jurnalisme investigasi di Indonesia yang dulu dan sekarang berbeda.

.

“Sejarah jurnalisme investigasi di Indonesia yang dulu sifatnya masih sederhana dan sekarang jurnalisme investigasi sudah masuk konteks yang luas. Perbedanya kalau dulu tantangannya bisa keselamatan diri dan keluarga, sedangkan sekarang tantangannya lebih kepada hak berbicara,” jelasnya.

.

Ia menambahkan, belum ada teori formil yang menjelaskan liputan investigasi. “Perlu dicatat bahwa liputan investigasi belum ada teori formil yang menjelaskan bagaimana metode dan caranya seperti apa, berbeda dengan jurnalistik yang sudah ada,” tambahnya.

.

Laras Joefanny, peserta dari LPM Dinamika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) memberikan tanggapan mengenai materi yang disampaikan oleh pemateri.

.

“Menurut saya bang Mustafa mengupas tentang sejarah perkembangan jurnalisme investigasi itu sangat menarik. Beliau menjelaskan secara terperinci mulai dari orde lama hingga fase pasca perkembangan,” ungkapnya.

.

Lanjutnya, ia mengatakan penjelasan materi Mustafa tidak hanya memberitahu siapa jurnalis pertama dalam investigasi namun hingga ke sejarah perkembangannya.

.

“Materi yang di berikan bang Mustafa kepada kami bukan hanya mengetahui siapa jurnalis pertama yg melakukan liputan investigasi saja, namun juga beliau menjelaskan dari tahap ke tahap sejarah perkembangan jurnalis investigasi,” lanjut Laras.

.

M. Afdal Afrianto, peserta dari Surat Kabar Kampus (SKK) Ganto Universitas Negeri Padang (UNP) juga mengatakan mendapatkan hal positif dari kegiatan PJTLN ini. “Hal positif yang saya dapatkan dari PJTLN ini adalah ilmu investigasi khas Tempo,” tuturnya.

.

Ia juga menyampaikan harapannya untuk teman – teman LPM bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat. “Harapan saya semoga dari PJTLN ini teman – teman LPM bisa mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dari pelatihan kali ini,” harapnya.

.

Tr : Sonya Mayrevi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Adakan Diskusi, Kontras Sumut Ajak Pers Mahasiswa Peduli Isu HAM

Teropongonline, Medan-Organisasi Kontras Sumatera Utara mengadakan diskusi Hak