5 Tips Anti Bosan Baca Buku

5 Tips Anti Bosan Baca Buku

- in Infografik
38
0

Teropongonline, Medan-Membaca merupakan sebuah kegiatan yang memiliki nilai positif. Banyak sekali ilmu pengetahuan yang bisa diambil dengan cara membaca. Tak hanya ilmu pengetahuan, pembaca juga bisa mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat.

.

Meski demikian, terlalu banyak membaca juga dapat menimbulkan rasa bosan lho. Bukannya pengetahuan yang kita dapatkan, tetapi malah gagal fokus. Ada lima tips yang dapat dilakukan agar tetap fokus ketika Anda sudah bosan membaca.

  1. Cari info di Youtube

Sering ditemukan informasi yang dibaca tidak disajikan dengan cara yang baik dengan minat pribadi dan gaya belajar si pembaca. Salah satu cara tepat untuk mengatasinya adalah, mencari referensi lain dengan tema yang sama.
Anda bisa mendapatkan informasi melalui internet atau video di Youtube. Jangan biarkan diri Anda terpaku pada satu buku.

2. Cari bacaan yang berguna

Kamu bisa mengajukan pertanya kepada diri sendiri sebelum mulai membaca. Dengan mengajukan pertanyaan, maka Anda bisa mempersiapkan otak Anda untuk memperoleh informasi yang lebih efisien.

3. Periksa materi buku

Perhatikan seluruh struktur bacaan Anda. Adakah poin-poin, judul, daftar atau pola berulang lainnya dalam sebuah materi yang perlu dibaca. Dengan mengidentifikasi pola-pola ini, Anda bisa mengkalibrasi otak Anda untuk menyajikan informasi secara lebih efisien.

4. Gunakan alat bantu baca

Mata secara alami akan sensitive terhadap gerakan. Anda bisa menggunakan jari atau pena untuk memandu mata Anda saat membaca. Hal ini dapat membuat Anda semakin fokus untuk memahami materi tanpa harus melupakan kalimat terakhir yang telah dibaca.
Selain itu menggunakan alat bantu yang memandu mata, juga bisa meningkatkan kecepatan membaca. Menerapkan cara ini akan membantu Anda tetap fokus dan mendapat lebih sedikit gangguan.

5. Kenali metode membaca

Berdasarkan hasil penelitian, 33 persen pembaca rata-rata mengulangi kalimat yang telah dibacanya untuk lebih memahami arti pesan yang dibacanya. Hal tersebut terjadi karena fokus dan pikiran sang pembaca yang kemana-mana.
Anda bisa melakukan sedikit trik dengan menyerap apa makna dari sebuah kalimat yang telah dibaca. Cara ini akan mengurangi durasi Anda dalam membaca, ketimbang harus kembali mengulang untuk membaca kalimat sebelumnya.

.

Tr : Sonya Mayrevi
Sumber : Okezone

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Perbedaan Sakit Kepala Biasa Dengan Vertigo

Teropongonline, Medan-Masih banyak orang yang menganggap semua sakit