Penyebab Bibir Kering yang Harus Kamu Hindari

Penyebab Bibir Kering yang Harus Kamu Hindari

- in Artikel
45
0

Teropongonline, Medan-Bibir dapat pecah dan kering ketika mereka kehilangan kelembapan karena terpapar sinar matahari, angin, atau udara dingin. Bibir berbeda dengan bagian kulit lainnya. Ia tidak memiliki melanin, pigmen yang membantu melindungi kulit dari sinar matahari sehingga bibir rentan terkena sunburn.

.

Selain itu, lapisan pelindung kulit lebih tipis 4 – 5 kali dibandingkan kulit wajah. Bibir juga tidak mempunyai kelenjar minyak seperti kulit yang berfungsi untuk menjaga kelembapan pada kulit, sehingga kelembapan bibir dapat cepat menghilang.

.
Bibir memiliki lapisan ‘kulit’ yang sangat tipis dan transparan, lapisan ini disebut stratum korneum. Di bawahnya, ada lapisan permukaan pembuluh darah yang memberi warna kemerahan pada bibir.

.

Bedanya dengan kulit wajah, kulit bibir tidak memiliki kelenjar minyak. Oleh karena itu, lapisan bibir lebih mudah kering dan retak. Kurangnya kelembapan adalah penyebab paling umum dari bibir kering dan pecah-pecah, baik dari segi cuaca maupun kurangnya perawatan diri.

.
Kelembapan yang berkurang bisa disebabkan oleh beberapa kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari seperti berikut ini:

  1. Kurang minum air putih
  2. Menjilat bibir
  3. Menggigit bibir
  4. Minum terlalu banyak alkohol
  5. Makanan asin atau pedas
  6. Ekspos matahari berlebihan
  7. Konsumsi obat obatan

.

Dilansir dari www.aladokter.com
Untuk mencegah serta mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, ada cara tersendiri untuk menjaga kesehatan bibir yang berbeda dengan perawatan kulit di bagian tubuh lainnya:

1.Gunakan petroleum jelly

2. Gunakan pelembap bibir yang mengandung tabir surya setiap beraktivitas di luar ruangan.

3. Jika bibir Anda termasuk sensitif, hindari terpapar alergen yang dapat memicu kambuhnya alergi

4. Bagi Anda pengguna lipstick, hindari terlalu sering menggonta-ganti lipstick, terutama yang bersifat matte, karena dapat membuat bibir Anda semakin kering.

5. Jika bibir tampak mengelupas, hindari menarik-narik kulit yang mengelupas. Sebab, dapat membuatnya berdarah. Solusinya, gunakan scrub bibir untuk mengangkat sel kulit mati.

.
Jika Anda mengalami kondisi gangguan pada bibir yang cukup serius, dan tidak kunjung membaik, maka ada baiknya bila Anda memeriksakan diri pada dokter, karena mungkin ada penyebab lain yang mendasarinya dan membutuhkan penanganan lebih lanjut. Seperti yang kita ketahui, merawat dan mencegah jauh lebih baik daripada mengobati, jadi ada baiknya untuk lebih memerhatikan dan tidak mengabaikan kesehatan bibir.

.

Tr : Rita Anisa Saragih

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali