6 Tips Agar Mahasiswa Tidak Boros

6 Tips Agar Mahasiswa Tidak Boros

- in Infografik
42
0

Teropongonline, Medan-Dengan segala kesibukan yang dimiliki mahasiswa, tidak jarang mahasiswa sering melakukan hal hal yang banyak menghamburkan banyak uangnya demi menghibur diri sendiri yang berdampak keborosan. Berikut 6 tips anti boros bagi mahasiswa :
.

  1. Sisihkan Uang Saku

Bukan hanya untuk tabungan saja, uang jajan yang kalian sisihkan saat kuliah bisa digunakan untuk dana cadangan. Tujuan menyimpan dana cadangan itu, agar bisa tergunakan saat keadaan mendadak atau sakit. Kalian tidak mungkin kan untuk meminta dana dadakan dari orangtua. Jadi perlu dilakukan salah satu cara ini.

2. Jauhi Kegiatan Berbelanja dan Kuliner

Di masa kuliah, kalian harus jauhi kegiatan berbelanja dan kuliner. Hal ini demi membuat biaya hidup kalian hemat saat menjadi mahasiswa. Uang bulanan yang diberikan orangtua, kalian harus gunakannya sebaik mungkin. Sebab, masih banyak kebutuhan penting lainnya yang harus kalian utamakan.

3. Dua rekening

Jika hanya punya satu rekening saat kuliah, maka berpotensi boros. Untuk itu, kalian setidaknya mempunyai dua rekening. Bila memiliki dua rekening yang berbeda, maka kalian bisa lebih mengerem keuangan. Meski mengerem, kalian tetap harus bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

4. Gunakan Diskon

Menjadi mahasiswa, biasanya kalian akan memperoleh diskon-diskon yang menarik. Maka dari itu, kesempatan tersebut jangan sampai dilewatkan. Ketika bisa memanfaatkan diskon, maka kalian akan tidak boros di masa kuliah. Biasanya diskon yang ditawarkan, seperti buku, perlengkapan kuliah, makanan, dan sebagainya.

5. Buat catatan keuangan

Catatan keuangan saat masa kuliah sangat diperlukan. Langkah itu demi mengerem semua pengeluaran yang tidak bermanfaat bagi kalian. Selain itu, catatan keuangan berguna untuk mengetahui pengeluaran apa saja yang sudah kalian keluarkan.

6. Bawa Bekal Sendiri

Bila hidup tanpa orangtua, memang sulit bagi mahasiswa untuk membawa bekal atau makanan ke bangku kuliah. Namun, kalian harus melakukan cara ini demi tidak boros saat kuliah. Dengan begitu, kalian tidak perlu membeli makanan yang serba mahal di cafe atau warung makanan di dalam maupun luar kampus. Nah, itulah enam tips yang bisa kalian lakukan agar tidak boros saat berada di bangku kuliah. Rasakan manfaatnya sejak dini, hingga masa tua nanti.

.

Tr : Dede Prasetyo

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan