PJTD Ultras Fest Bahas Jurnalistik Digital

PJTD Ultras Fest Bahas Jurnalistik Digital

- in Kabar Kampus
70
0

Teropongonline, Medan-Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) Ultrafest Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Suara Universitas Sumatera Utara (USU) membahas tentang Jurnalistik Digital melalui aplikasi Zoom.

.

Materi Jurnalistik Digital tersebut dibawakan oleh pemateri Ekmal Muhammad yang merupakan Content dan Distribution Lead KOMPAS TV. Dalam penjelasan Ekmal, jurnalisme digital merupakan bukan hanya tentang publikasi melalui platform online tetapi kegiatan yang menyeluruh.

.

“Jurnalisme digital itu bukan hanya media online yang publikasikan melalui platform online tetapi jurnalisme digital ini menyeluruh, dari proses mengumpulkan, menulis, menyunting, menerbitkan informasi melalui teknologi masa kini,” jelasnya.

.

Tambahnya, ia mengatakan jadilah wartawan yang mengikuti zaman. “Jadilah wartawan yang selalu mengikuti zaman, jangan seperti dinosaurus tapi jadilah seperti tikus-tikus kecil yang tetap hidup walaupun terjadi perubahan zaman,” ucapnya.

.

Salah satu peserta, Okto Situmeang dari LPM Suara USU, memberikan tanggapan bahwa pemateri Ekmal Muhammad membuka pikiran peserta untuk selalu mengikuti transformasi digital.

.

“Menurut saya, materi yang disampaikan oleh Ekmal Muhammad mampu membuka pikiran para peserta, bahwa pentingnya untuk selalu mengikuti transformasi digital media massa, dan dapat bertahan dengan meningkatkan kualitasnya, maka pers mahasiswa harus dapat mengembangkan kualitas dibidang IPTEK dan mampu mengembangkan konten,” ucapnya.

.

Mahdayati dari LPM Kinday, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, yang juga merupakan salah satu peserta, mengatakan mendapat informasi tentang terjadinya inovasi dan perubahan pada media konvensional.

.

“Pastinya sih, saya dapat informasi tentang terjadinya inovasi dan perubahan pada media konvensional ya, seperti koran, televisi dan lain-lain, itu juga memang sudah kita rasakan semenjak dulu sih, ya jadi, tidak kaget juga,” ucapnya.

.

Tr : Annisa Alivia
Editor : Mhd. Iqbal

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali