Inge Klara Safitri : Jurnalis Harus Paham Kode Etik Jurnalistik !

Inge Klara Safitri : Jurnalis Harus Paham Kode Etik Jurnalistik !

- in Kabar Kampus
58
0

Teropongonline, Medan-Inge Klara Safitri selaku pemateri dalam ajang Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) Ultras Fest oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Suara Universitas Sumatera Utara (USU) menyampaikan pentingnya pengetahuan kode etik jurnalistik bagi pers mahasiswa.

.

“Para Jurnalis harus paham yang namanya kode etik jurnalistik agar memiliki rasa tanggung jawab terhadap karya yang ditulis, harus paham dan terterapkan sekalipun dalam konteks kampus,” ujarnya.

.

Dalam pemaparan lainya, ia menjelaskan beberapa produk jurnalistik. “Karena yang hadir rata-rata pers mahasiswa pasti sudah paham sedikit tentang dasar jurnalistik, untuk produk jurnalistik misalnya ada berita dan opini, dimana setiap produknya tadi ada lagi jenis-jenisnya. Kalau berita ada hard news, indept news, feature dan lainnya sedangkan opini itu ada tajuk,” paparnya.

.

Inge juga menjelaskan, dalam membuat berita ada beberapa hal yang harus diperhatikan selain menetukan judul.

.

“Selain menentukan judul, kita harus mencari sumber berita, itu bisa dari wawancara dan ada teknik serta hal penting yang harus diperhatikan, setelah itu masuk pada kerangka berita, nilai beritanya bagaimana lalu terakhir pengumpulan bahan,” jelasnya.

.

Menanggapi hal itu, Adillah Firdaus, Mahasiswi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang adalah salah satu peserta pada PJTD tersebut, ia mengatakan kegiatan ini membuatnya lebih mengenal tentang dunia jurnalistik.

.

“Kegiatan ini menambah wawasan baru buat saya, saya jadi lebih mengenal dunia jurnalistik termasuk dasar – dasar dalam menulis berita yang benar,” katanya

.

Selain itu, Muhammad Ilham dari LPM Ukhuwah Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, ia memberi tanggapan dan harapannya untuk kegiatan ini.

.

“Menurut saya, acara ini menjadi wadah untuk mendapatkan ilmu bagi para mahasiswa khususnya yang berminat dengan dunia jurnalistik dan tentunya relasi. Saya juga berharap, agar semakin banyak kegiatan-kegiatan seperti ini, terutama untuk memajukan pers kampus,” sampainya.

.

Tr : Siti Rifani & Nur Nilam Sari
Editor : Mhd. Iqbal


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali