Gelar Diskusi Publik, KAMMI UMSU Bahas Negara Kesejahteraan

Gelar Diskusi Publik, KAMMI UMSU Bahas Negara Kesejahteraan

- in Kabar Kampus
79
0

Teropongonline, Medan-Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menggelar Diskusi Publik mengenai “Pokok Pikiran Negara Welfare State”. Diskusi ini dilaksanakan melalui Google Meet. Minggu, (27/06/2021).

.

Diskusi ini pun diisi Pemateri Sekretaris Umum Lembaga Kajian Hukum KAMMI (LKHK) yakni Devi Riyawati dan dipandu moderator Ihza Mahendra selaku Ketua Departemen Kebijakan Publik KAMMI UMSU.

.

Dalam pemaparan materinya, Devi menyampaikan bahwa kesejahteraan rakyat adalah hukum tertinggi. “Kesejahteraan rakyat adalah hukum tertinggi yang harus ditegakkan dan untuk memajukan kesejahteraan umum adalah salah satu dari empat tujuan negara Indonesia,” sampainya.

.

Lanjutnya, ia menjelaskan apa itu welfare state yang mana negara harus secara aktif mengupayakan kesejahteraan.

.

”Welfare state itu dimana negara harus secara aktif mengupayakan kesejahteraan dan bertindak adil yang dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat secara merata dan seimbang,” lanjut Devi.

.

Dalam pemaparannya, ia mengutip pesan dari bapak kesejahteraan yaitu Jeremi Betham. “kebahagian terbesar adalah bagaimana kemudian rakyat itu mendapatkan kebahagiaannya”.

.

Sekretaris Umum LKHK itu pun menyebutkan hal yang harus ada dalam welfare state adalah demokrasi. “Yang harus ada dalam welfare state adalah demokrasi, terkait penegakan hukumnya, perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM), keadilan sosial, dan yang terakhir anti diskriminasi,” sebut Devi.

.

ia pun menambahkan, bahwasanya regulasi kita sudah memenuhi unsur untuk menjadi negara sejahtera. “Secara regulasi kita sudah memenuhi unsur untuk menjadi negara dengan kesejahteraannya, dari pancasila, konstitusinya dan mungkin ada beberapa regulasi yang cacat tapi kita bisa optimalisasi disitu,” tambahnya.

.

Sebelum diskusi publik ini berakhir ia pun memberikan harapan untuk indonesia menjadi definisi negara yang sejahtera. ”Harapannya itu negara Indonesia bisa menjadi definisi negara yang sejahtera untuk menjadi penyelenggara bagi kesejahteraan warganya dengan terpenuhinya kebutuhan dasar hidup seperti pangan, sandang, papan, kesehatan dan pendidikan,” harap Devi Riyawati.

.

Tr : Berry Sanjay

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Syarat Menjadi Wirausaha yang Sukses

Teropongonline, Medan-Steve Jobs, Walt Disney, Benyamin Franklin, Hans