Titip Absen Hingga Copy – Paste Tugas, Ini 7 Kebiasaan Buruk Mahasiswa !

Titip Absen Hingga Copy – Paste Tugas, Ini 7 Kebiasaan Buruk Mahasiswa !

- in Infografik
62
0

Teropongonline, Medan-Kehidupan mahasiswa tidak terlepas dari aktivitas sehari – hari dan kampus. Dan tidak bisa dipungkiri dengan usia yang tergolong muda mereka rentan melakukan berbagai macam hal sekalipun itu buruk.

Kebiasaan buruk sudah menjadi hal yang biasa dilakukan, tapi apakah kita sadar kalau hal itu bisa mempengaruhi hasil perkuliahan nanti serta terpeliharanya pola hidup yang tak sehat ?
Lalu, apa-apa saja sih kebiasaan buruk yang harus di hindari itu ?

Ini dia beberapa kebiasaan buruk mahasiswa yang sebaiknya harus kamu hindari :

1. Bangun Kesiangan Karena Begadang

Ini merupakan hal yang sering dijumpai pada mahasiswa. Bangun kesiangan lalu terlambat kuliah menjadi alasan mahasiswa yang sering kita dengar. Sebenarnya begadang bisa menjadi sesuatu yang sah saja dilakukan, jika tujuannya mengerjakan tugas. Tapi sayangnya kebanyakan mereka yang melakukannya menghabiskan waktu untuk bermain, nonton, nongkrong dengan teman sekamar dan lainnya .

Alhasil dengan seperti itu jadwal harian mereka berantakan, kehidupan yang tak disiplin serta tertinggal oleh orang lain.

2. Suka Menunda Tugas

Tugas menjadi sesuatu yang lazim diberikan oleh dosen kepada mahasiswa, namun seringkali dari mahasiswa tidak pandai memanfaatkan waktu luangnya dengan baik. Misalnya mengerjakan tugas saat waktunya sudah dekat atau 1 hari sebelum pengumpulan, padahal tugas tersebut sudah diberikan seminggu sebelumnya. Sehingga disini berlaku sistem kebut semalam (SKS) yang membuat mereka harus begadang, disisi lain hasil yang mereka lakukan tidak optimal karena waktu pengerjaan yang sudah mepet. Selain itu, tugas-tugas yang lainnya terus diberikan sehingga terjadilah penumpukan yang bisa membuat para mahasiswa tersebut stress melihat banyaknya tugas .

3. Tidak Aktif atau Pasif Saat Kerja Kelompok .

Dalam kerja kelompok kita pasti nemuin teman-teman yang berbeda kemampuannya, ada yang rajin, pintar, responsive, cekatan lalu ada juga yang “bodo amat” .

Lalu kamu dibagian yang mana nih ? Ya tentunya jangan pernah mau untuk tidak peduli karena bagaimana pun yang akan rugi itu diri sendiri .

4. Kebiasaan Titip Absen
Wahh siapa ni yang suka beginian? Tentunya ini biasa kita jumpai di perkuliahan, terutama sebelum pandemi ya kan. Apalagi kalau Dosennya nggak tanda sama kita terus teman sekelas bisa diajak kompromi, malah makin leluasa.

Tapi ini termasuk hal yang merugikan buat kita sebagai mahasiswa, kita jadi ketinggalan pengetahuannya sama teman-teman bahkan bisa sampai mengulang di beberapa mata pelajaran, terus selesai kuliahnya telat.

5. Sibuk Organisasi

Setiap kampus pasti menyuguhkan organisasi yang berbagai macam, dimana organisasi bisa mengembangkan potensi diri kita atau mengupgrade diri dan dari situ banyak pengalaman yang bisa memudahkan kita nantinya setelah selesai kuliah .

Namun jangan sampai lupa dengan tujuan utama kita kuliah adalah menempuh pendidikan, jangan sampai lupa esensi berkuliah karena sangking sibuknya berorganisasi. Disatu sisi menjadi mahasiswa Kupu-kupu (kuliah pulang) juga tidak terlalu baik, menjadikan kita individualis atau anti sosial.

6. Boros dan Ikut Pergaulan Yang Tidak Sehat

Sebagian besar mahasiswa yaitu belum berpenghasilan sendiri, masih banyak yang minta dan dapat kiriman orang tua.

Namun banyak dari mereka yang tidak pandai memanagement keuangannya, alhasil ketika kiriman sampai mereka langsung kelabakan membeli semua keinganannya saja bukan sesuatu yang betul-betul dibutuhkan.
Harusnya sih mereka malu, menghabiskan uang tersebut dengan egois padahal masih dari orang tua.
Disatu sisi, mahasiswa seringkali terjerat pergaulan yang tidak baik karena tidak pilih-pilih teman. Bukan berarti tidak boleh berteman dengan semuanya, namun kita perlu membatasi ruang lingkup pergaulan karena lingkungan dan orang sekitar sangat mempengaruhi bagaimana kita terbentuk.

7. Copy – Paste
Masih berhubungan dengan tugas. Kebanyakan dari mahasiswa itu nggak mau ribet, akhirnya mereka menjiplak tugas temannya atau copy paste dari internet saja tanpa penyaringan, terutama tugas makalah ataupun jurnal . Tentunya ini bukan hal yang baik, tapi ini adalah masalah mahasiswa di Indonesia yang harusnya di selesaikan. Pendidikan yang hanya sekedar transfer ilmu tetapi mahasiswanya kurang paham dengan materi yang disampaikan.

Tr : Siti Rifani & Nadia Sinaga
Editor : Mhd. Iqbal

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Sudut Pandang Mahasiswa Terhadap Privilege dari Good Looking

Teropongonline, Medan – Berpenampilan menarik saat ini kerap