Spesialis Gizi FK UMSU Ungkap Bahaya Soda Bagi Atlet

Spesialis Gizi FK UMSU Ungkap Bahaya Soda Bagi Atlet

- in Kabar Kampus
86
0

Teropongonline, Medan-Terkait aksi Cristiano Ronaldo pekan lalu yang menyingkirkan minuman bersoda saat konferensi pers Euro 2021, Spesialis Gizi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) ungkap bahaya soda bagi atlet.

.

Spesialis Gizi FK UMSU, dr. Fitri Nur Malini S, SpGK, AIFO-K saat diwawancarai secara daring memaparkan dampak dan efek dari minuman bersoda.

.

“Dampak minuman bersoda memang tidak akan terlihat pada jangka pendek, akan tetapi bisa terlihat kalau diminum dalam jangka panjang secara terus menerus. Dan habit dari minuman bersoda ini adalah manis yang kadarnya tinggi, dan efeknya bisa obesitas yang lama kelamaan bisa ke berbagai penyakit metabolik dan penyakit gangguan jantung. Oleh karena itu, hal itu sangat dihindari oleh seorang atlet,” ujarnya pada Minggu, (20/06/2021).

.

Ia juga menilai makanan dan minuman yang bergizi sangat berpengaruh bagi kesehatan atlet. Dan ia menyarakan atlet untuk menerapkan kebiasaan hidup sehat.

.

“Makanan dan minuman yang bergizi sangat mempengaruhi kesehatan dan performa seorang atlet. Atlet itukan melakukan olahraga yang akan meningkatkan radikal bebas, jadi sel akan dilatih terus menerus, apalagi intesitas olahraga sedang ke berat itu akan membuat metabolisme sel akan lebih besar dibandingkan kegiatan biasa. Oleh karena itu sangat disarankan habit atau kebiasaan hidup sehat yang dilakukan oleh atlet – atlet,” tambahnya.

.

dr. Fitri Nur Malini juga menyampaikan makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi oleh atlet.

.

“Makanan dan minuman yang seharusnya dikonsumsi oleh atlet adalah makananan dan minuman yang kandungan makronutrien dan mikronutriennya baik sesuai kebutuhan. Kalau ini memang tidak bisa disamakan, karena kebutuhan individual selalu berbeda. Tapi untuk para atlet yang harus dihindari adalah yang terlalu tinggi karbohidrat, dan harus memperkaya makanan yang mengandung serat jadi menyeimbangkan vitamin dan mineral pada tubuh,” jelasnya.

.

Ia juga memberikan tips minuman sehat yang bisa dikonsumsi bagi seorang atlet. “Tipsnya kalau mau minum, minumlah minuman yang mengandung vitamin dan mineral seperti jus buah, karena jus buah mengandung vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai antioksidan,” pungkasnya.

.

Tr : Mhd. Iqbal

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali