Sembako Bisa Kena PPN, Sekprodi Perpajakan UMSU : Pajak Memiliki Aspek Keadilan !

Sembako Bisa Kena PPN, Sekprodi Perpajakan UMSU : Pajak Memiliki Aspek Keadilan !

- in Kabar Kampus
68
0

Teropongonline, Medan-Sekretaris Program Studi Perpajakan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Riva Ubar Harahap, SE, Ak, M. Si, CA, CPA turut menanggapi rencana pemerintah mengenakan PPN pada sembako.

.

Meski Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, S.E., M. Sc., Ph.D telah mengatakan sembako yang akan dikenakan pajak adalah sembako premium, namun hal ini masih menjadi perdebatan umum.

.

Sekprodi Perpajakan UMSU, Riva Ubar Harahap menjelaskan peran pajak di Indonesia. “Kita memang sadar, sumber terbesar penghasilan negara adalah dari pajak, dan memperluas objek pajak ini tentu akan memperluas penghasilan pajak,” ujarnya saat diwawancarai Sabtu, (19/06/2021).

.

Namun, Menurutnya pemerintah harus mempertimbangkan kembali dampak dari PPN pada sembako jika benar akan diterapkan.

.

“Tapi ini perlu dipertimbangkan dampak Multiplier Effect, karena kalau sembako ditambah PPN pasti harga pokok meningkat, sebelum bisa dipisahkan bagaimana mengidentifikasi masyarakat berpenghasilan rendah dan yang berpenghasilan tinggi ini sangat sulit mengidentifikasinya,” tambahnya.

.

Ia juga mengatakan jika dalam penerapan kebijakan pajak harus mengandung aspek keadilan. “Jadi kalau kita berharap pemerintah mempertimbangkan kembali untuk menerapkan kebijakan. Karena dalam penerapan kebijakan pajak salah satunya harus ada aspek keadilan,” kata Riva Ubar Harahap.

.

Dosen FEB UMSU tersebut juga menilai Indonesia harus aktif dalam swasembada. Ia mengatakan Indonesia bisa memanfaatkan hasil kekayaan alamnya untuk meningkatkan perekonomian.

.

“Kalau untuk meningkatkan perekonomian, saya rasa kita harus aktif dalam swasembada saja. Kita mulai saja dari menggiatkan membeli produk dalam negeri, memanfaatkan sumber daya alam sendiri dan lain sebagainya,” tuturnya.

.

Tr : Mhd. Iqbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan