Halaqoh Observatorium OIF UMSU Bahas Dasar Aplikasi Astronomi

Halaqoh Observatorium OIF UMSU Bahas Dasar Aplikasi Astronomi

- in Kabar Kampus
82
0

Teropongonline, Medan-Observatorium Ilmu Falak (OIF) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melaksanakan Halaqoh OIF UMSU Ke-18 melalui aplikasi Zoom. Sabtu (19/06/2021).

.

Pada kegiatan ini Singgih Prana Putra, M. Si selaku pemateri menyampaikan materinya dengan tema “Pengenalan Spektroskopi Dasar-dasar dan Aplikasi di Bidang Astronomi”. Ia menyampaikan beberapa rincian yang akan dibahas pada kegiatan ini.

.

“Ada kiranya saya sampaikan dahulu beberapa outlines atau rincian – rincian yang akan saya sampaikan pada hari ini,” sampainya.

.

Lanjutnya, ia menyampaikan konsep dasar dari spektroskopi. “Adapun spektroskopi secara istilah yakni studi tentang interaksi antara materi dan radiasi elektromagnetik sebagai fungsi dari panjang gelombang atau frekuensi radiasi,” jelasnya.

.

Ia melanjutkan kegiatan ini dengan memaparkan teori – teori dasar, dan dilanjutkan menuju aplikasinya. “Saya sudah merangkum beberapa aplikasi yang bisa kita pakai untuk astronomi terhadap metode spektroskopi ini,” lanjutnya.

.

Lalu, Singgih melanjutkan dengan menjelaskan enam aplikasi yang dilakukan dalam metode ini. “Kita dapat menentukan komposisi permukaan bintang, klasifikasi bintang, bintang beremisi, bintang ganda, planet di sistem bintang, dan yang terakhir komposisi galaksi” jelasnya.

.

Kegiatan ini berlangsung dengan tanya jawab antara peserta dengan pemateri. Lalu diakhiri dengan penyampaian kesimpulan.

.

Tr : Nur Nilam Sari
Editor : Mhd. Iqbal


About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali